Cetak Gol ke Gawang Everton, Pemain Brighton Berada di Bawah Rekor Michael Owen
Pemain Brighton & Hove Albion, Evan Ferguson. (Foto: Twitter/@OfficialBHAFC)

Bagikan:

JAKARTA - Pemain Brighton & Hove Albion, Evan Ferguson, berhasil menempel catatan apik milik legenda Inggris, Michael Owen. Itu setelah dia mencetak gol ke gawang Everton pada lanjutan Premier league Inggris 2022/2023.

Evan mencetak gol pada menit ke-51 pada laga yang berlangsung di Stadion Goodison Park, Rabu 4 Januari dini hari WIB. Saat itu, Brighton menang 4-1 setelah  Koaru Mitoma, Solly March, dan Pascal Gross turut menyumbang gol.

Gol yang dicetak Evan itu membuatnya sebagai pemberi assist dan pencetak gol termuda kedua di Liga Inggris setelah Owen.

"Evan Ferguson (18 tahun 76 hari) adalah pemain termuda kedua dalam sejarah di Liga Inggris yang mencetak gol dan memberikan assist dalam pertandingan, seelah Michael Owen (17 tahun 364 hari) di tahun 1997 saat melawan Crystal Palace," tulis OptaJoe di akun Twitternya, Rabu 4 Januari.

Bukan cuma mampu menempel catatan milik Michael Owen, penampilan Evan Ferguson di laga itu juga membuatnya tercatat sebagai pemain muda yang berhasil mencetak gol secara beruntun di Liga Inggris. Catatan ini melampaui pencapaian Federico Macheda di tahun 2009 lalu.

"Di usia 18 tahun 76 hari, Evan Ferguson menjadi pemain termuda yang mencetak gol dalam penampilan Liga Premier berturut-turut sejak Federico Macheda pada 2009," tulis OptaJoe di unggahan lainnya.

Berkat penampilan apik para pemain, termasuk Evan Ferguson, The Seagulls mampu memetik poin penuh di kandang Everton. Kini pasukan yang diasuh Roberto De Zerbi itu mengantongi 27 poin.

Jumlah poin itu membuat Brighton duduk di posisi ke-8 klasemen sementara. Sementara Everton yang kehilangan 3 poin di kandang masih tertahan di posisi 16 dengan koleksi 15 poin.