Daftar Olahraga Tersulit di Dunia, Berani Coba?
Ilustrasi olahraga (Unsplash/@anastasemaragos)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Di dunia ini banyak cabang olahraga yang dipertandingkan. Tidak hanya menyenangkan saat dimainkan, ada pula olahraga yang sulit untuk dilakukan. Beberapa olahraga tersulit di dunia bahkan dipertandingkan secara profesional.

Daftar Olahraga Tersulit di Dunia

Sulitnya olahraga berikut ini membuat penggemarnya hanya kalangan tertentu. Bahkan beberapa olahraga ini tak populer hingga asing di telinga. Berikut daftar olahraga yang disebut sulit untuk dilakukan, dikutip dari berbagai sumber.

  1. Bull Riding

Secara harfiah, bull riding adalah menunggang banteng. Olahraga ini dianggap paling sulit karena atlet harus menjinakkan banteng ganas dengan cara menungganginya. Banteng yang dijinakkan biasanya akan mengamuk hingga menjatuhkan atlet. Saat terjatuh, atlet harus segera berlari jika tak ingin mendapat serangannya.

  1. Lari Cross-Country

Cross-country running adalah lari lintas alam yang akan menguji daya tahan tubuh, kekuata mental, dan kepintaran atlet dalam mengelola napas. Olahraga ini mengharuskan para atlet untuk berlari dalam jarak yang panjang dengan medan yang beragam. Atlet yang ikut lomba ini tak boleh memaksakan diri terus berlari karena berisiko terhadap kesehatan mulai dari nyeri dada, sakit pada kaki, kaburnya pengelihatan, dan masih banyak lagi.

  1. Menunggang Kuda

Dianggap sulit karena atlet atau joki harus bekerja sama dengan kuda. Atlet dituntut untuk memberikan instruksi dengan tepat tanpa melalaikan kondisi kuda. Joki kuda biasanya akan berlatih dalam jangka waktu yang lama untuk membangun semacam ikatan batin antara manusia dan kuda.

  1. Polo Air

Polo air dimainkan seperti American Football, hanya saja dimainkan di dalam air yang ada di kolam renang sedalam minimal 1,8 meter. Olahraga ini melibatkan dua tim dan saling mencetak gol dengan bola mengapung di air. Yang membuat sulit olahraga ini adalah karena dilakukan dalam air. Hal itu membuat pergerakan fisik sangat berat sehingga butuh stamina kuat.

  1. Figure Skating

Figure Skating adalah salah satu olahraga berat sekaligus melelahkan. Olahraga ini sangat menguras tenaga serta tuntutan untuk menang sangat tinggi. Keseimbangan dan ketenangan sangat dibutuhkan dalam olahgraga ini. Jika atlet tak hati-hati, maka ia bisa jatuh dan melukai tulang ekor mereka atau menyebabkan cidera serius lainnya. Beberapa risiko yang mungkin akan ditanggung atlet seperti memar, retak tulang, dislokasi sendi, hingga patah tulang.

  1. Gymnastics

Gymnastics atau senam adalah olahraga kompetitif yang butuh banyak kekuatan dan fleksibilitas. Selain itu atlet juga butuh ketangkasan, stamina, keseimbangan, kontrol tubuh yang disiplin, serta koordinasi yang baik dalam tubuh. Olahraga ini dianggap sebagai yang cukup sulit yang diperuntukkaan bagi pria maupun wanita.

  1. Rugby

Rugby bisa dianggap sebagai salah satu olahraga terberat di dunia karena menggabungkan keterampilan dan ketangguhan badan yang tak terlihat. Pada dasarnya olahraga ini mirip dengan sepak bola, namun menggunakan kostum pelindung untuk menghindari cidera atlet saat bertabrakan. Permainan ini dimainkan tanpa alat apapun. Sesama pemain bisa saling bertabrakan dalam kecepatan lari yang tinggi. Beberapa orang bahkan tak berani menonton karena kebrutalan rugby.

  1. Surving

Surving juga cukup sulit dilakukan. Tidak hanya mengandalkan keterampilan, para peselancar juga bertaruh nyawa agar bisa berselancar di atas ombak laut. Sedangkan ombak yang bisa digunakan untuk berselancar tingginya bisa 100 kaki.

Itulah beberapa olahraga tersulit di dunia. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.