Apa Itu Cedera ACL, Jangan Dianggap Enteng, Segera Lakukan Ini
Apa Itu Cedera ACL (Katsanas)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Anterior cruciate ligament (ACL) adalah salah satu ligamen di dalam lutut Anda – bergabung dengan tulang paha (femur) ke bagian depan tulang kering (tibia). Lalu apa itu cedera ACL?

Apa Itu Cedera ACL

Cedera ACL adalah robekan sebagian atau seluruhnya, ligamen yang meregang, atau lepasnya ligamen dari tulang Anda.

ACL lewat di depan ligamen lain, posterior cruciate ligament (PCL). Ligamen cruciatum mendapatkan namanya dari fakta bahwa mereka membentuk salib di dalam lutut saat mereka berlari ke arah yang berbeda dari paha ke tulang kering. Seiring dengan ligamen lain di lutut Anda, ACL Anda menjaga lutut Anda tetap stabil dan mencegah tulang paha dan tulang kering Anda keluar dari tempatnya.

Ketika ligamen lutut Anda meregang tetapi tidak robek, itu disebut keseleo. Cedera ligamen lutut diberikan nilai yang berbeda tergantung pada seberapa parahnya. Sekitar setengah dari semua orang dengan cedera ACL juga akan mengalami cedera pada bagian lutut lainnya, seperti robekan meniskus.

Penyebab

Sebagian besar cedera ligamen anterior (ACL) terjadi selama olahraga, terutama sepak bola, bola basket, dan ski. Wanita lebih cenderung melukai ACL mereka daripada pria. Cedera ACL dapat terjadi jika Anda:

putar lutut Anda, terutama ketika kaki Anda berada di tanah – misalnya, Anda mendarat dari lompatan dan memutar ke arah yang berlawanan cepat mengubah arah saat berlari atau berjalan melambat atau berhenti tiba-tiba saat berlari memperpanjang sendi lutut Anda.

Jika Anda bermain olahraga kontak, Anda juga dapat melukai ACL jika lutut Anda terkena pukulan langsung akibat benturan dengan pemain lain.

Self-help untuk cedera ACL

Jika Anda melukai lutut Anda, Anda harus mengikuti prosedur POLISI untuk menangani segala jenis cedera jaringan lunak pada lutut Anda. POLISI adalah singkatan dari Protect, Optimal Loading, Ice, Compression, dan Elevasi.

Selain itu, ada hal-hal tertentu yang harus Anda hindari dalam tiga hari pertama setelah cedera agar lutut Anda tidak semakin rusak. Ini dapat diingat sebagai HARM, yang merupakan singkatan dari panas, alkohol, lari dan pijat.

Jika Anda mengalami kesulitan menahan beban di lutut, Anda mungkin perlu menggunakan kruk atau memakai penyangga untuk menopang Anda untuk sementara waktu. Dokter atau fisio Anda akan menjelaskan berapa lama Anda harus menggunakannya.

Perawatan cedera ligamen anterior cruciatum 

Anda biasanya harus pergi ke A&E dengan cedera semacam ini, di mana mereka akan memeriksa Anda dan mengambil beberapa rontgen lutut Anda. Mereka kemudian dapat merujuk Anda ke klinik lutut akut, yang akan mengatur penyelidikan dan perawatan yang Anda butuhkan.

Perawatan yang Anda tawarkan untuk cedera ACL Anda akan tergantung pada seberapa parah kerusakannya dan seberapa aktif Anda biasanya. Perawatan awal adalah mengendalikan rasa sakit dan pembengkakan Anda menggunakan tindakan swadaya POLISI dan HARM (lihat di atas). Perawatan lebih lanjut mungkin termasuk fisioterapi, obat-obatan dan kadang-kadang, pembedahan.

Anda mungkin menemui ahli bedah ortopedi (dokter yang berspesialisasi dalam bedah tulang) atau ahli kedokteran olahraga, seperti dokter olahraga atau fisioterapis. Ada perawatan berbeda yang mungkin disarankan oleh dokter atau fisioterapis Anda, dan banyak yang dapat Anda lakukan sendiri untuk membantu Anda pulih.

Obat

Anda dapat mengonsumsi obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas, seperti parasetamol atau ibuprofen, jika Anda kesakitan. Dokter Anda mungkin dapat meresepkan obat penghilang rasa sakit yang lebih kuat jika lutut Anda benar-benar sakit. Selain mengurangi rasa sakit Anda, obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti ibuprofen dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan. Selalu baca informasi pasien yang disertakan dengan obat Anda, dan jika Anda memiliki pertanyaan, mintalah saran dari apoteker atau dokter umum Anda.

Fisioterapi

Fisioterapis Anda akan menilai lutut Anda dan kemudian merencanakan program latihan rehabilitasi yang sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda. Program fisioterapi akan dirancang untuk memberi Anda kesempatan terbaik untuk kembali ke aktivitas biasa Anda. Pastikan Anda melakukan latihan karena ini adalah bagian penting dari pemulihan Anda. Tujuan fisioterapi adalah untuk membantu lutut Anda memulihkan seluruh gerakannya, kekuatan dan stabilitasnya, dan kembali bekerja secara normal.

Operasi

Dokter bedah Anda akan memberi tahu Anda jika Anda memerlukan pembedahan; misalnya jika lutut Anda tidak stabil dan memberi jalan ketika Anda berolahraga atau kadang-kadang berjalan saja. Pembedahan mungkin merupakan pilihan terbaik untuk memperbaiki cedera Anda jika Anda banyak berolahraga atau dalam pekerjaan yang menuntut fisik. Misalnya, Anda:

mainkan olahraga yang melibatkan banyak putaran dan putaran – seperti sepak bola atau bola basket, ke level tinggi – dan Anda ingin kembali ke sana

memiliki pekerjaan yang sangat fisik atau manual, misalnya Anda di militer, pemadam kebakaran, polisi atau bekerja di konstruksi

Anda mungkin lebih suka mencoba rehabilitasi dengan fisioterapi terlebih dahulu sebelum Anda menjalani operasi. Either way, dokter Anda mungkin tidak akan merekomendasikan Anda menjalani operasi segera setelah cedera Anda. Biasanya yang terbaik adalah menunggu setidaknya satu atau dua minggu, untuk membiarkan pembengkakan di lutut Anda turun terlebih dahulu.

Biasanya dibutuhkan antara enam dan 12 bulan untuk kembali ke aktivitas penuh setelah operasi. Dan Anda harus siap untuk menjalani periode fisioterapi yang intens dan panjang setelah operasi Anda. Tanyakan kepada dokter Anda tentang pro dan kontra dari operasi, dan bagaimana hal itu dapat membantu Anda.

Jadi setelah mengetahui apa itu cedera ACL beserta cara penangannnya, Simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!