La Liga Selidiki Nyanyian Rasis Suporter Atletico Madrid untuk Vinicius
Rodrygo dan Vinicius merayak gol ke gawang Atletico dengan menari (Instagram vinijr)

Bagikan:

JAKARTA — La Liga Spanyol akan menyelidiki nyanyian berbau rasis dari suporter Atletico Madrid terhapad Vinicius Jr menjelang derbi Madrid pada Senin dini hari WIB.

Kemenangan 2-1 yang didapat Real Madrid atas rival sekota mereka Atletico pada pekan lanjutan La Liga 2022/2023 Stadion Wanda Metropolitano dibayangi tindakan rasisme sebelum pertandingan.

Beberapa potongan video dibagikan stasiun radio Cope menunjukkan suporter Los Rojiblancos berteriak 'Vinicius adalah seekor mon***' sebelum kick off pertandingan.

Teriakan serupa juga terdengar pada saat bus tim Real Madrid tiba. Menurut beberapa laporan media lokal, teriakan monyet juga terdengar selama pertandingan berlangsung.

Selain itu, terdengar juga teriak "bodoh, bodoh". Melansir The Standard, Atletico belum buka suara ihwal kejadi itu, tetapi mengatakan di Twitter: "Dukung Atletico dengan semangat dan rasa hormat terhadap lawan."

Menurut Isaac Fouto dari Cadena Cope, La Liga sedang mengumpulkan bukti kejadian untuk laporan yang akan dikirim ke Komisi Anti-kekerasan. Komisi tersebut bertugas menangani kasus-kasus diskriminasi dalam bentuk apa pun.

Sebelumnya, Kepala Asosiasi Agen Sepak Bola Spanyol Pedro Bravo dikritik pekan lalu karena rasis terhadap Vinicius. Ia mengatakan Vinicius "jangan bertingkah seperti mon***" ketika merayakan gol.

Komentar itu membuat Bravo menjadi bulan-bulan sejumlah pemain Brasil, seperti Neymar dan Dani Alves. Namun, Bravo menangkal komentarnya tidak bermaksud rasis.

Vinicius kemudian melakukan selebrasi dengan tarian Samba untuk merayakan gol rekan setimnya Rodrygo dalam kemenangan atas Atletico. Vinicius sebelumnya diminta tak melakulan selebrasi ini.