Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2023 Bakal Memanas
Kejuaraan dunia panjat tebing (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pada tahun 2023 kejuaraan dunia panjat tebing akan berlangsung di Bern. IFSC Climbing and Paraclimbing World Championships di ibu kota federal Swiss adalah acara kualifikasi pertama untuk Olimpiade di Paris 2024.

Setelah Olimpiade: Sementara pemanjat biasa bergulat untuk terakhir kalinya dengan format gabungan pada debut olahraga panjat tebing di Tokyo, para atlet melihat ke depan. Masih sedikit lebih dari dua tahun sampai Olimpiade di Paris, tetapi saat itu pada Piala Dunia Pendakian 2023 terbaru di Bern, segalanya menjadi serius.

Kesempatan kualifikasi pertama untuk Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2023

Pertandingan yang dijadwalkan dari 1 hingga 12 Agustus 2023 di Bern IFSC Climbing and Paraclimbing World Championships 2023 adalah kompetisi pertama yang dihitung sebagai kualifikasi untuk Olimpiade tahun berikutnya. Dua set medali diberikan untuk setiap jenis kelamin dalam panjat tebing: dalam Kecepatan Disiplin dan dalam Format Boulder & Lead yang baru.

“The IFSC Climbing and Paraclimbing World Championships, yang diadakan setiap dua tahun, adalah acara terpenting kami. Karena Bern 2023 juga tentang berpartisipasi dalam Olimpiade, acara tersebut mendapat bumbu tambahan.”

“The IFSC Climbing and Paraclimbing World Championships, yang diadakan setiap dua tahun, adalah acara terpenting kami. Karena Bern 2023 juga tentang berpartisipasi dalam Olimpiade, acara tersebut mendapat tambahan cita rasa, ”kata Presiden IFSC Marco Scalaris.

Mempromosikan panjat tebing untuk orang-orang dengan dan tanpa cacat

Dengan menjadi tuan rumah acara olahraga panjat tebing terbesar pada tahun 2023, SAC membuat pernyataan untuk olahraga kompetitif. Kejuaraan Dunia di Bern didedikasikan untuk mempromosikan panjat tebing untuk orang-orang dengan dan tanpa cacat. "Klaim kami adalah bahwa inklusi dan keberlanjutan bukan hanya kata-kata kosong, tetapi kami menjalankannya di semua bidang," kata Managing Director SAC Daniel Marbacher.

"Klaim kami adalah bahwa inklusi dan keberlanjutan bukan hanya kata-kata kosong, tetapi kami menghidupinya di semua bidang."

Rock climbing world (Unsplash)

Program Kejuaraan Panjat Dunia 2023

Selama total dua belas hari, pemanjat terbaik dunia akan berkompetisi di Kejuaraan Dunia Pendakian dan Paraclimbing IFSC Bern 2023. Berikut adalah tampilan programnya:

Selasa, 1 Agustus 2023: Kualifikasi Bouldering Putra

Rabu, 2 Agustus 2023 : Kualifikasi Bouldering Putri

Kamis, 3 Agustus 2023: Kualifikasi Lead wanita dan pria, presentasi para atlet dan upacara pembukaan di kota

Jumat, 4 Agustus 2023: Semifinal Utama Putra, Semifinal Bouldering, dan Final Putri

Sabtu, 5 Agustus 2023: Semifinal Utama Putri, Semifinal Bouldering, dan Final Putra

Minggu 6 Agustus 2023: Final Lead wanita dan pria

Senin, 7 Agustus 2023: Kualifikasi Paraclimbing Putra dan Putri

Selasa, 8 Agustus 2023: Kualifikasi Paraclimbing Putra dan Putri

Rabu, 9 Agustus 2023: Semifinal gabungan putra dan putri

Kamis, 10 Agustus 2023 : Final Paraclimbing Putri dan Putra

Jumat 11 Agustus 2023: Final Gabungan Putra

Sabtu 12 Agustus 2023: Final Gabungan Putri

Mendaki Piala Dunia dan Kejuaraan Dunia untuk ditayangkan di Discovery+

Federasi Pendakian Olahraga Internasional (IFSC) telah menandatangani kemitraan siaran tiga tahun dengan raksasa media Discovery untuk liputan pan-Eropa atau kejuaraan dunia panjat tebing.

Kesepakatan baru, yang mencakup semua wilayah Eropa Discovery, mencakup semua acara pendakian Piala Dunia IFSC dan Kejuaraan Dunia. Ini akan disiarkan melalui platform streaming berlangganan Discovery+ dan Eurosport, serta melalui saluran linier Eurosport.

Discovery juga akan memproduksi konten cerita seputar pendakian saat olahraga ini berlanjut ke Olimpiade Musim Panas keduanya di Paris 2024.

Kesepakatan akan berlangsung dengan Seri Piala Dunia IFSC 2022 pada 8 April dari acara Piala Dunia Boulder di Meiringen, Swiss.

Dengan kemitraan siaran baru, Saluran Olimpiade akan kehilangan liputan IFSC langsungnya, tetapi penawaran media internal Komite Olimpiade Internasional (IOC) bakalan terus mengalirkan acara panjat tebing dengan penundaan 24 jam.

“Lebih dari segalanya, kesepakatan kami dengan Discovery akan meningkatkan profil olahraga dan atlet kami, yang akan menghasilkan peluang sponsor yang lebih besar untuk semua pendaki di seluruh dunia,” kata Marco Scolaris, presiden IFSC.

“Kami yakin bahwa bermitra dengan Discovery akan membantu memperkuat posisi kami sebagai salah satu olahraga Olimpiade yang tumbuh paling cepat dan, berkat eksposur yang lebih besar, akan membuat semakin banyak orang menjadi tertarik tidak hanya menonton panjat tebing, tetapi juga mencobanya.”

Trojan Paillot, wakil presiden akuisisi dan sindikasi hak olahraga di Discovery Sports, menambahkan: “Olahraga panjat tebing terbukti sangat populer dengan penonton yang menonton di seluruh platform kami selama Olimpiade di Tokyo tahun lalu, terbukti menarik bagi penonton baru dan berbeda dari beberapa dari mereka yang sudah menikmati menonton olahraga dan menunjukkan potensinya untuk keterlibatan dan pertumbuhan.

“Discovery telah membangun reputasi yang patut ditiru untuk membantu menumbuhkan olahraga dan acara dan membawanya ke khalayak yang lebih luas dan kami berharap dapat membawa olahraga ini ke lebih banyak orang di seluruh Eropa menjelang Paris 2024.”

Setelah tahu seputar kejuaraan dunia panjat tebing, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!