Bagaimana Nasib Joachim Low Usai Jerman Digunduli Spanyol 6-0?
Joachim Low (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Jerman menderita kekalahan memalukan dari Spanyol di ajang UEFA Nations League Rabu, 18 November. Mereka digunduli enam gol tanpa balas sekaligus menjadi kekalahan terburuk bagi Die Mannschaft sejak dihajar dengan skor yang sama oleh Austria pada 1931 dan oleh Prancis (3-6) pada 1958.

Der Panzer mendapatkan pelajaran penting dari tim Spanyol dalam pertandingan yang berlangsung di Seville. Ferran Torres mencetak trigol ke gawang kiper Manuel Neuer ditambah masing-masing satu gol dari Mikel Oyarzabal, Alvaro Morata dan Rodri Hernandez

Selepas pertandingan, banyak yang makin mempertanyakan masa depan pelatih Joachim Low. Pasalnya, posisi Low sudah menimbulkan spekulasi sejak ia gagal membawa Jerman meraih trofi di dua kompetisi internasional sebelumnya (Euro 2016 dan Piala Dunia 2018).

Ditunjuk sebagai pelatih Jerman setelah Piala Dunia 2006 dan  mempersembahkan trofi Piala Dunia 2014, tetapi timnya secara mengejutkan tersingkir di babak grup Piala Dunia di Rusia empat tahun kemudian.

Namun, direktur timnas Jerman Oliver Bierhoff dengan cepat meredakan spekulasi dan menjamin masa depan Low bersama Jerman. Ia mengatakan bahwa pelatih berusia 60 tahun itu akan memimpin tim lebih lama.

Saat ditanya apakah Low akan memimpin negaranya di Piala Eropa 2020 yang dijadwal ulang musim panas mendatang, Bierhoff mengatakan bahwa Low masih mendapatkan kepercayaan.

"Tentu saja, ya. Permainan ini tidak mengubah apa pun. Kami masih mempercayai Joachim Low, tidak diragukan lagi," ujarnya yang dikutip Antara dari Goal.

"Ketika berbicara tentang pelatih tim nasional, Anda harus berpikir dan menganalisa dari turnamen ke turnamen. Kami ingin mencapai yang maksimal di Piala Eropa tahun depan."

"Kami harus mencerna kekalahan ini terlebih dahulu, ini akan memakan waktu. Semuanya berjalan salah. Kami kehilangan bola dengan mudah dan tim berantakan, itu seharusnya tidak terjadi."

"Kami tidak melakukan tekel atau mempertahankan penguasaan bola. Kami harus belajar dari kekalahan ini dan menarik kesimpulan yang baik."

Flick disebut-sebut menjadi kandidat pelatih yang bakal menggantikan Low suatu saat nanti setelah ia memenangkan treble di musim pertamanya sebagai pelatih Bayern Munchen.

Hansi Flick pernah menjadi asisten pelatih Low di timnas Jerman dari 2006 sampai 2014. Namun untuk saat ini, Low dipastikan tidak akan kehilangan posisinya sebagai pelatih timnas Jerman.