Bagikan:

JAKARTA - Nama Tommy Spurr mungkin jarang terdengar di kancah kompetisi Liga Inggris saat menjadi pemain. Dia hanyalah mantan pemain dari Sheffield Wednesday dan Blackburn Rovers.

Belakangan nama Tommy Spurr muncul di sejumlah media Inggris karena kisah inspirasinya. Dia tengah menemani sang buah hati, Rio, yang menderita kanker ginjal.

Anak lucu berusia tiga tahun ini baru saja menjalani kemoterapi, lanjutan dari sesi sebelumnya. The Sun melansir, bakal ada radioterapi lebih lanjut  dan tidak ada jaminan keberhasilan.

Kanker ini diketahui mulai April lalu saat dia mengeluh sakit perut. Diketahui, dia mengidap tumor Wilms, suatu bentuk kanker ginjal pada anak-anak.

Dia juga memiliki dua tumor di paru-parunya dan bahkan jika kemo dan radioterapi berhasil, ada kemungkinan besar kankernya akan kembali.

Dalam kasus seperti itu, tingkat kelangsungan hidup sekitar sepuluh persen dan satu-satunya pilihan nyata adalah mencari pengobatan perintis di luar negeri.

Tentunya, butuh biaya yang tak sedikit. Masalah keuangan memang tengah mengelayuti Tommy yang pernah bermain untuk Doncaster dan Preston.

Dia sudah tak bekerja setelah fokus menemani sang putra untuk berjuang melawan kanker. Saat ini, Tommy dan keluarganya hidup dengan tabungan yang kini mulai menipis.

Sekarang, Tommy dan istrinya Chloe dihadapkan pada keharusan mencari dana untuk biaya pengobatan Rio. "Kemoterapi Rio berarti kami tidak punya pilihan. Dia bisa berada di rumah sakit selama empat hari dan dengan apa yang dia rasakan, kami bisa kembali ke rumah sakit dengan mudah," ujar Tommy.

"Ini telah menjadi mimpi buruk. Kami menghabiskan tabungan dan berkat bantuan dan kebaikan orang-orang telah menunjukkan bahwa kami dapat terus berjalan," lanjutnya.

Sementara Chloe mengatakan, dengan persentase bertahan hidup yang kecil, mereka ingin memberikan Rio setiap kesempatan untuk pergi ke luar negeri.

“Jika itu berarti harus menjual rumah, tentu saja kami akan melakukan apa saja. Tapi kami berusaha menjaga kehidupan senormal mungkin," ujar Chloe.

Untuk saat ini, Tommy dan Chloe akan menghabiskan dua minggu ke depan bersama sang anak di rumah. Setelah itu, dia akan menjalani kemo lainnya.

Menjaga kehidupan tetap normal bersama Rio adalah perjuangan tersendiri. Namun Tommy dan Chloe sama-sama berusaha keras.

"Dia anak kecil yang sangat cerdas dan mengajukan banyak pertanyaan. Kami memberi tahu dia bahwa dia akan menjalani operasi kecil," tutur Tommy.