Digelar 25-26 Juni, Ini Daftar Pebalap Seri MXGP Indonesia di Samota-Sumbawa
Lokasi lahan untuk sirkuit Motocross Grand Prix (MXGP) di Samota, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Infront Moto Racing selaku promotor Kejuaraan Dunia Motocross (MXGP) merilis daftar pebalap yang akan bersaing pada seri MXGP Indonesia di Rocket Motor Circuit MXGP Samota-Sumbawa, 25-26 Juni.

Melalui laman resmi MXGP.com, dikutip Antara, Rabu, sebanyak 38 pebalap akan bersaing pada dua kelas yakni 21 nama untuk MXGP dan 17 pebalap bersaing di kelas MX2.

Pada kelas utama, deretan rider top dunia bakal tampil. Sebut saja pebalap asal Slovenia Tim Gajser (Team HRC) yang tercatat tiga kali menjadi juara dunia MXGP pada edisi 2016, 2019, 2020.

Saat ini Tim Gajser menempati posisi teratas dalam klasemen MXGP 2022 dengan mengantongi 485 poin. Dia bakal hadir di seri ke-12 berbekal hasil apik di MXGP Jerman dengan finis di posisi pertama pada race 1 dan menempati urutan kedua pada race 2.

Selain itu ada juga pebalap asal Prancis Romain Febvre (Kawasaki Racing Team MXGP) yang menjadi juara dunia pada 2015. Nama lainnya yang bakal bersaing adalah Jeremy Seewer asal Swiss (Monter Energi Yamaha Factory).

Sementara Indonesia juga memiliki wakil di kelas utama melalui Farhan Hendra Fahrodjie yang turun dengan motor KTM. Dia bakal bersaing dengan deretan nama besar lainnya setelah mendapat wildcard.

Bagi Farhan Hendra, ini bukan kali pertama turun di Kejuaraan Dunia Motocross. Sebelumnya, dia juga tampil sebagai pebalap wildcard di seri MXGP 2017 di Pangkal Pinang, MXGP 2018 di Pangkal Pinang dan Semarang, serta MXGP 2019 di Palembang dan Semarang.

Sedangkan untuk kelas MX2, Indonesia memiliki tiga pebalap yang tampil di MXGP Samota-Sumbawa yakni, Ananda Rigi Aditya, Diva Ismayana, dan Muhammad Delvintor Alfarizi.

Mereka akan bersaing dengan deretan pebalap papan atas dunia seperti Jago Geerts asal Berlgia yang saat ini berada di puncak klasemen dengan mengantongi 460 poin.

Lalu ada Tom Vialle dari Prancis dan saat ini menempati urutan kedua dalam klasemen MX2 dengan 452 poin, serta deretan nama lainnya.

MXGP di Indonesia merupakan seri-12. Pebalap dunia akan bersaing di sirkuit baru dengan penuh rintangan. Tak ayal, lomba kali ini diprediksi sengit.

Berikut daftar nama pebalap yang bersaing di MXGP Indonesia di Rocket Motor Circuit MXGP Samota-Sumbawa, 25-26 Juni:

MXGP

1. Romain Febvre (Prancis)

2. Calvin Vlaanderen (Belanda)

3. Jed Beaton (Australia)

4. Pauls Jonass (Latvia)

5. Mitchell Evans (Australia)

6. Jorge Prado (Spanyol)

7. Ruben Fernandez (Spanyol)

8. Jeremy Seewer (Swiss)

9. Mattia Guadagnini (Italia)

10. Alvin Ostlund (Swedia)

11. Farhan Hendra Fahrodjie (Indonesia)

12. Nicholas Murray (Australia)

13. Brian Bogers (Belanda)

14. Nicholas Lapucci (Italia)

15. Tim Gajser (Slovenia)

16. Glenn Coldenhoff (Belanda)

17. Alberto Forato (Italia)

18. Lewis Stewart (Australia)

19. Jordi Tixier (Prancis)

20. Ben Watson (Inggris Raya)

21. Lionel Kerhoas (Prancis)

MX2

1. Mikkel Haarup (Denmark)

2. Kevin Horgmo (Norwegia)

3. Tom Horgmo (Prancis)

4. Kay Karssemakers (Belanda)

5. Stephen Rubini (Prancis)

6. Phattiphat Theerapongs Rattanap (Malaysia)

7. Diva Ismayana (Indonesia)

8. Dharwin Lingam (Malaysia)

9. Muhammad Hakimi (Malaysia)

10. Kay de Wolf (Belanda)

11. Andrea Adamo (Italia)

12. Jago Geerts (Belgia)

13. Thibault Benistant (Prancis)

14. Ananda Rigi Aditya (Indonesia)

15. Delvintor Alfarizi (Indonesia)

16. Simon Laengenfelder (Jerman)

17. Isak Gifting (Swedia)