4 Nomor Cabor Renang Ini Berpotensi Besar Sumbang Medali Emas untuk Indonesia di SEA Games 2021
Tim renang Indonesia untuk SEA Games 2021. (Foto: Instagram @pbprsi)

Bagikan:

JAKARTA - Tim renang Indonesia memiliki target untuk meraih enam hingga tujuh medali emas pada SEA Games 2021. Ada empat nomor yang potensinya sangat besar.

"Paling besar potensinya itu ada pada empat nomor yakni 50meter dan 200meter gaya punggung putra, serta 400meter gaya ganti putra dan putri," kata pelatih kepala tim renang Indonesia, Albert C. Sutanto, seperti dilansir Antara.

Pada nomor 50meter gaya punggung putra, Indonesia bakal menurunkan I Gede Siman Sudartawa yang meraih medali emas pada SEA Games Filipina pada 2019. Ketika itu, Siman menjadi perenang Merah Putih satu-satunya yang menyumbang emas setelah mencatatkan waktu 25,12 detik.

Sementara 200meter gaya punggung putra, Albert mengatakan bakal menurunkan Farrel Armandio Tangkas. Kemudian 400meter gaya ganti putra ada nama Aflah Fadlan Prawira dan untuk putri Azzahra Permatahani menjadi andalan.

Albert juga mengatakan, tim renang Indonesia tak bisa mengikuti semua nomor perlombaan pada SEA Games 2021. Dengan kekuatan 16 tim, pihaknya hanya bisa turun di 35 dari 40 nomor yang ada.

"Sebetulnya, kami berharap jumlah atlet yang dikirim di atas 20. Sehingga pada nomor-nomor estafet juga bisa meraih medali," ujar Albert

Sejak awal, PRSI memang menyiapkan 22 atlet untuk pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara edisi ke-31 tersebut. Namun, mereka hanya dapat kuota 16 atlet dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).