Bagikan:

JAKARTA – ASEAN Para Games 2022 di Indonesia ditetapkan sebagai salah satu dari 110 Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengatakan, masuknya ASEAN Para Games ke KEN tentu jadi sebuah kebanggaan bagi instansi yang ia pimpin. Terlebih lagi ini otomatis menjalin kolaborasi lintas kementerian.

”Suatu hal yang sangat baik dan tentu tidak terlepas di situ adalah event-event olahraga nasional baik itu kita melaksanakan sendiri maupun kita menjadi tuan rumah dari event dunia tahun 2022,” ujar Amali.

Indonesia resmi terpilih menjadi penyelenggara multievent disabilitas Asia Tenggara pada 23 Februari lalu setelah Vietnam memutuskan mundur.

Kota Solo pun kemudian ditetapkan sebagai tuan rumah sebagaimana tertuang dalam surat keputusan yang dikeluarkan ASEAN Para Sports Federation (APSF) pada 14 Januari lalu.

ASEAN Para Games edisi ke-11 itu rencananya akan diadakan pada 20-31 Juli mendatang. Selain kota Solo, acara olahraga ini juga bakal tersebar di daerah sekitar.

Ini merupakan kesempatan kedua Indonesia untuk menggelar ASEAN Para Games. Sebelum Indonesia juga pernah menjadi tuan rumah pada tahun 2011, yang mana saat itu juga diselenggarakan di kota Solo.

”Kami bangga bahwa sejarah kita tancapkan tonggak penting serta harapan baru bagi kebangkitan kita, harapan baru bagi kebangkitan event Tanah Air, sekaligus mendukung Indonesia sebagai destinasi event di Asia Tenggara,” ujarnya Menteri Kemenparekraf Sandiaga Uno.

KEN merupakan wadah kumpulan event-event berkualitas dari seluruh daerah di Indonesia. KEN diselenggarakan sejak tahun 2021 lalu untuk mendukung keinginan Indonesia sebagai destinasi event di Asia Tenggara.

Tahun ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menerima 319 usulan kegiatan dari 34 provinsi yang akan dikurasi pada tahap I dan tahap II. Jumlah ini meningkat 17 event dibandingkan tahun 2021 sebanyak 302 usulan event.

Dari 319 usulan itu hanya 171 kegiatan yang layak dipresentasikan di depan para kurator. Dari total yang dipresentasi terpilih 100 KEN 2022 dengan kategori Top 10 KEN dan 100 kegiatan KEN 2022 dari 34 provinsi.