Bagikan:

JAKARTA - Latar belakang seorang penulis lagu tentunya sangat mempengaruhi karya-karya yang dihasilkan. Cara pandang terhadap sesuatu menjadi pembeda musisi satu dengan yang lainnya.

Mezzaluna yang sejauh ini lebih banyak mengeluarkan karya yang berasal dari pengalaman pribadi, berharap bisa menulis lagu yang mengangkat isu sosial di masa depan.

Adapun, lima lagu yang dirilis Mezzaluna sejauh ini, sebenarnya ditulis saat ia masih duduk di bangku SMA. Namun saat ini, putri pertama Bimbim Slank itu sudah berubah setelah menamatkan studi antropologi dan politik di Inggris, setidaknya cara pandangnya.

“Mungkin lebih terbuka aja ya, pasti setiap orang kan beda-beda, minatnya pun beda-beda, dan harus coba cari jalan tengahnya di situ,” kata Mezzaluna soal perubahan cara pandangnya setelah menamatkan studi di Inggris, saat ditemui di Duren Tiga, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

“Kayak antropologi itu kan soal budaya, jadi banyak banget belajar tentang orang dan budayanya masing-masing. Jadi lebih banyak terbentuk pemikiran yang sebelumnya nggak pernah aku pikirin. Jadi, dalam membuat musik yang tadinya liriknya mungkin tentang personal experience doang jadi terbuka untuk membuat atau bikin lagu dalam hal lain,” sambungnya.

Mezzaluna berharap bisa menulis lagu yang mengangkat isu sosial, serupa dengan apa yang dilakukan Slank. Ia bahkan mengaku kerap bertukar pikiran dengan sang ayah.

Dia tidak ingin karyanya hanya berdampak pada diri sendiri, ia ingin karya dan apa yang dilakukannya bisa menjadi pergerakan sosial menuju perubahan yang lebih baik.

“Kalau masalah sosial issues banyak lah, bisa dipikir sendiri. Tapi sering sih kayak pengin buat pergerakan atau perubahan. Kayaknya menurut gua yang paling nyambung sama ayah soal itu,” katanya.

Dengan studi dan magang yang sudah berakhir Desember 2023 lalu, Mezzaluna berharap karier musiknya terus berlanjut. Jika karena studi dia harus menolak tawaran manggung, ia berharap tawaran serupa datang di tahun 2024 ini.

“Insya Allah (bakal lebih banyak manggung). Waktu itu pernah sekali, tapi aku lagi sibuk karena baru selesai magang,” pungkas Mezzaluna.