Kamu Mungkin Tidak Tahu, John Bonham Ikut Menulis 4 Lagu Led Zeppelin Ini
Led Zeppelin (Instagram @ledzeppelin)

Bagikan:

JAKARTA - Dia adalah orang liar. Ada yang bilang dia punya empat, enam, bahkan delapan lengan. Dia adalah tulang punggung dan pemain yang berhati besar dan berkaki besar dari salah satu band rock terhebat sepanjang masa.

Dia adalah drumer kelahiran Inggris, John Bonham dan dia adalah legenda rock klasik.

Tapi, Bonham bukan hanya orang yang berada di belakang penyanyi utama Robert Plant, gitaris Jimmy Page, dan bassis John Paul Jones. Bukan, dia juga seorang komposer, seseorang yang membantu menulis banyak lagu hits terbesar Led Zeppelin.

Di bawah ini, kita akan menyelami empat lagu yang Bonham bantu buatkan untuk Led Zeppelin. Empat lagu yang disukai banyak penggemar rock.

1. Since I've Been Loving You

[Ditulis oleh Robert Plant, John Bonham, Jimmy Page].

Dari album Led Zeppelin tahun 1970 yang dikenal dengan judul Led Zeppelin III, lagu blues rock ini ditulis oleh tiga dari empat anggota Led Zeppelin. Lagu yang diawali dengan solo liar dari Jimmy Page ini didukung oleh infrastruktur musik dari Bonham yang bermain dengan berat dan terus-menerus seolah mendorong lagu tersebut dengan bahunya. Faktanya, keseluruhan pembukaan lagu tersebut merupakan instrumental oleh Page dan Bonham.

2. Rock and Roll

[Ditulis oleh Robert Plant, John Bonham, Jimmy Page, John Paul Jones].

Dirilis pada 1971 dari album keempat Led Zeppelin, Led Zeppelin IV, lagu ini dibuka dengan dentuman drum solo oleh Bonham, sebelum Page masuk dengan riff gitar elektrik yang beramai-ramai. Kemudian Plant menyapu seperti dewa singa matahari lampu listrik. Lagu ini lahir dari sesi jam dadakan saat grup ini sedang mengerjakan lagu lain.

3. Communication Breakdown

[Ditulis oleh John Bonham, Jimmy Page, John Paul Jones].

Dirilis pada tahun 1969 dalam album debut self-titled Led Zeppelin, Communication Breakdown adalah salah satu lagu pertama yang ditulis bersama oleh band ini setelah dibentuk pada akhir tahun 1960an. Lagu ini dibuka dengan riff gitar liar yang didukung Bonham dengan energi dan kekuatan yang kuat. Tentu saja, ini adalah kartu panggilnya. Plant tidak dapat menerima kredit penulisan lagu karena kontrak rekaman sebelumnya.

4. D'yer Mak'er

[Ditulis oleh Robert Plant, John Bonham, Jimmy Page, John Paul Jones].

Lagu ini dirilis di album band tahun 1973, Houses of the Holy. Penulisan lagu ini dimulai dengan Bonham memainkan drumnya, di mana Page memainkan lead bergaya reggae yang dipadukan dengan nuansa rock tahun 1950-an. Judul lagunya tentu saja merupakan plesetan dari kata “Jamaika” yang diucapkan dengan aksen Inggris. Tapi, apa yang awalnya hanya bersenang-senang di studio kini menjadi favorit penggemar. Lagu tersebut, bersama dengan Rock and Roll, adalah salah satu dari sedikit lagu Led Zeppelin yang ditulis oleh keempat anggota.