Sammy Hagar Bicara Soal David Lee Roth, Ini Kata Dia
Sammy Hagar (Instagram @sammyhagar)

Bagikan:

JAKARTA - Sammy Hagar kembali menyinggung ego besar David Lee Roth dan vokalnya yang buruk.

Sammy bersama mantan vokalis Van Halen lainnya, David, menghabiskan musim panas 2002 menjadi co-headlining berjudul "Sammy Hagar And David Lee Roth Tour 2002: Song For Song, The Heavyweight Champs Of Rock And Roll".

Dalam penampilan di podcast "Wild Ride!" baru-baru ini, ia mengingat kembali pertunjukan tersebut

"Saat itu [David] tidak memiliki karier solo, sungguh. Maksud saya, dia melakukannya, tetapi dia tidak menjual. Saya menjual arena. Saya menjual amfiteater sebagai Sammy Hagar dengan Wabos. Dan saya bersolo karier," kata Sammy.

"Tanya Mick Jagger. Tanya Robert Plant. Kamu bisa jadi band terbesar di dunia dan belum tentu bisa bersolo karier," lanjutnya. "Tapi saya punya karier solo. Jadi ketika saya bergabung dengan band besar, saya kembali ke karier solo saya, saya baik-baik saja. Saya masih menjual banyak tiket.

"Dave, dia punya album besar semacam itu, tapi dia tidak memiliki karier solo. Dia bermain di tempat-tempat kecil. Jadi ketika dia datang dengan saya, dia menghasilkan, seperti, 25 ribu semalam, saya menghasilkan 150 ribu semalam, dan mereka berkata, 'Oh, kalian akan menghasilkan uang yang sama. Dave mendapat 150.' Saya berkata, 'Dia tidak menghasilkan 150 dalam hidupnya kecuali di Van Halen'.

Hagar menggantikan David di Van Halen pada 1985 dan merekam empat album studio dengan band ini, yakni 5150, OU812, For Unlawful Carnal Knowledge, dan Balance — semuanya menduduki puncak tangga lagu AS.

Album Van Halen yang dipimpin David dengan peringkat tertinggi adalah No. 2, dan butuh waktu hingga album 1984 untuk mencapainya. Album A Different Kind Of Truth (2012) juga mendarat di posisi yang sama.

Pada Juni 2021, Hagar mencela David, mengatakan suaranya "buruk" dan menggambarkan persona Diamond Dave di atas panggung "benar-benar omong kosong".

"[David] punya karakter yang nyata. Dia seorang pemain sandiwara. Dia semua pertunjukan. Saya menikmatinya. Tapi Anda berbicara tentang kengerian. Saya tidak bisa membayangkan bagaimana perasaannya ketika dia terlihat di beberapa video lama, cara dia menari dan bergerak, dan terkadang cara dia bernyanyi live," Sammy mengatakan kepada acara internet Brasil, Inside With Paulo Baron.

"Saya tidak tahu bagaimana perasaannya tentang semua itu, tapi saya rasa dia tidak peduli. Perbedaan antara dia dan Saya [adalah] saya dengan tulus peduli - saya peduli dengan semua yang saya lakukan dan saya peduli bagaimana hal itu memengaruhi orang dan saya peduli apa yang mereka pikirkan."