Cara Memilih Ukuran Helm yang Pas di Kepala, Bikin Nyaman saat Berkendara
Ilustrasi helm yang pas di kepala (Foto: Pixabay/StockSnap)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Helm adalah alat pelindung kepala yang wajib dipakai ketika mengendarai motor. Mengenakan helm dengan ukuran yang pas akan membuat Anda merasa nyaman, dan tidak mengganggu konsentrasi selama berkendara. Lantas, bagaimana cara memilih ukuran helm yang pas di kepala? Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Cara Memilih Ukuran Helm yang Pas

Dirangkum dari berbagai sumber, Minggu, 24 Desember 2023, berikut cara memilih ukuran helm yang pas di kepala sehingga tidak kekecilan atau kebesaran ketika dikenakan:

1. Cek langsung ukuran helm

Tips memilih ukuran helm yang pertama, ketika membeli helm di toko, usahakan untuk mengecek ukurannya langsung, dan pilihlah salah satu helm yang sekiranya sesuai dengan kepala Anda.

Adapun ciri ukuran helm yang pas di kepala adalah sebagai berikut:  

  • Helm tidak mudah bergeser ketika digunakan: Apabila saat menoleh ke kanan dan kiri, atau atas dan bawah helm tersebut ikut bergerak, maka artinya helm terlalu kebesaran. Ukuran helm yang terlalu besar akan membuat Anda tidak nyaman dan sulit berkonsentrasi saat berkendara.
  • Punya jarak dua ruas jari dari pelindung dagu: Ukuran helm yang pas di kepala adalah memiliki jarak dua ruas jari dari pelindung dagu. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda tidak memilih helm berdasarkan ukuran luarnya, karena semua batok helm berukuran sama.
  • Terasa sedikit ketat: Ketika mencoba helm, perhatikan sensasi ketat saat helm dikenakan. Busa dalam helm umumnya berukuran tebal, sehingga akan menyesuaikan lingkar kepala setelah lama digunakan. Kendati demikian, jangan memilih helm yang terlalu sesak dan membuat kepala sakit saat dipakai.

2. Ukur lingkar kepala dengan tali

Cara memilih ukuran helm yang kedua, yakni mengukur lingkar kepala dengan tali ukur dan mencatatnya.

Ambil tali dan ukur bagian kepala di atas telinga atau sekitar alis agar mendapat hasil akurat. Bila kesulitan, Anda bisa meminta bantuan orang sekitar untuk melakukan pengukuran.

3. Sesuaikan ukuran helm dengan lingkar kepala

Cara memilih ukuran helm yang satu ini bisa diaplikasikan ketika membeli helm secara online. Anda bisa memilih ukuran helm yang sesuai dengan lingkar kepala.

Berikut daftar ukuran helm yang bisa dijadikan sebagai patokan:

  • Xtra small (XS): Helm ukuran XS adalah yang terkecil. Helm ini cocok untuk pengendara yang memiliki lingkar kepala 53-54 sentimeter. Ukuran helm XS direkomendasikan bagi pengendara dengan lingkar kepala kecil.
  • Small (S): Jika lingkar kepala Anda berukuran 55-56 sentimeter, Anda disarankan untuk mengenakan helm berukuran S. Helm ukuran S sebenarnya tidak jauh berbeda dengan XS, namun sebaiknya tetap disesuaikan lingkar kepala supaya lebih pas saat dikenakan.
  • Medium (M): Sebagian besar pengendara biasanya mengenakan helm ukuran M, dengan lingkar kepala 57-58 sentimeter. Ukuran ini cenderung sesuai dengan linkar kepala masyarakat Indonesia.
  • Large (L): Helm ukuran L sangat pas digunakan oleh pengendara yang memiliki lingkar kepala 59-60 sentimeter.
  • Xtra large (XL): Ukuran lingkar kepala yang pas untuk helm ini adalah 61-62 sentimeter.
  • 2 Xtra large (2XL/XXL): Bila lingkar kepala Anda sebesar 63-64 sentimeter, sebaiknya gunakan helm ukuran XXL. Helm ini cocok dikenakan orang dewasa, sebab ukurannya cukup besar. Bila ukuran helm ini dirasa masih kurang besar, Anda bisa memilih ukuran 65-66 sentimeter (3 Xtra larger/3XL), 67-68 sentimeter (4 Xtra large/ 4XL), dan 69-70 sentimeter (5 Xtra Large/5XL).

Demikian informasi tentang cara memilih ukuran helm yang pas di kepala. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.