Bagikan:

JAKARTA - SUV listrik mewah terbaru dari Zeekr, merek mobil listrik premium di bawah naungan Geely baru saja terungkap sebagian desainnya melalui gambar paten yang didaftarkan di China National Intellectual Property Administration (CNIPA).

Melansir CarNewsChina, 1 Juli, gambar paten tersebut menampilkan bagian belakang mobil, yang diduga kuat adalah SUV flagship Zeekr. Zeekr EX1E, begitu dugaan namanya dari sejumlah pengamat otomotif China.

Namun dari gambar paten itu terlihat memiliki desain yang cukup mirip dengan Rolls-Royce Cullinan.

6
Cullinan Series II. (Dok. Rolls-Royce)

Sebelumnya, belum ada informasi resmi mengenai Zeekr EX1E. Namun, berdasarkan kode nama dan bocoran rencana produk Zeekr yang diungkap Deutsche Bank, berkemungkinan EX1E adalah SUV full-size flagship mereka.

3

Desain belakang yang terungkap dalam paten menunjukkan EX1E memiliki garis atap yang datar dengan sunroof besar, pilar D yang landai, dan penggunaan plastik trim pada lengkungan roda. Selain itu, terlihat juga spoiler atap, port pengisian daya di sepatbor kiri, serta lampu belakang berbentuk trapesium yang sangat mirip dengan Rolls-Royce Cullinan.

Uniknya, tailgate (pintu bagasi) EX1E juga mengadopsi desain split tailgate seperti Cullinan, dengan bagian bawah yang dapat dilipat ke bawah dan bagian atas yang terbuka ke atas. Menurut dokumen paten, kedua bagian tailgate ini dioperasikan secara elektrik.

Menariknya, desain Zeekr EX1E ini tampaknya menyimpang dari bahasa desain khas Zeekr yang mereka sebut sebagai "Hidden Energy". Diduga Zeekr sengaja memberikan tampilan yang unik untuk menonjolkan kesan mewah dan status flagship pada EX1E.

SUV listrik Zeekr EX1E kemungkinan besar akan menggunakan platform SEA yang sama dengan model Zeekr lainnya. kehadirannya di pasar otomotif China tahun depan diperkirakan akan menjadi pesaing kuat bagi para pemain lama di segmen SUV mewah.