Bagikan:

NTB - Sejumlah upaya dilakukan dalam rangka peningkatan penggunaan kendaraan ramah lingkungan. Salah satunya melalui acara Mandalika Electric Vehicle (EV) II yang cukup banyak dibicarakan.

PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Nusa Tenggara Barat berharap acara ini mampu meningkatkan kesadaran masyarakat atas pemanfaatan energi berkelanjutan dan merangsang minat terhadap kendaraan ramah lingkungan.

"Kami harap, gelaran Mandalika EV Experience Chapter II ini sebagai salah satu langkah dalam memperkenalkan kendaraan listrik (EV) serta fasilitas pendukung ramah lingkungan kepada masyarakat," kata General Manager PT PLN (Persero) UIW NTB, Sudjarwo dilansir dari ANTARA pada Minggu, 28 April.

Selain itu, dia mengatakan bahwa gelaran ini merupakan bagian dari komitmen PLN dalam upaya mewujudkan visi Net Zero Emission (NZE) tahun 2050 di NTB.

"PLN Unit Induk Wilayah NTB berkomitmen untuk mendukung penggunaan energi bersih. Kami terus memperkuat infrastruktur pendukung ekosistem kendaraan listrik di NTB, dengan menyediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di beberapa titik perjalanan," ujarnya.

Saat ini, jelas dia, terdapat 10 SPKLU di beberapa lokasi strategis, termasuk di Kantor Gubernur NTB, Hotel Santika, Lombok Epicentrum Mall, dan di Kawasan Mandalika.

Dengan kesuksesan Mandalika EV Experience Chapter II, PLN berencana akan memperluas dan mengembangkan eksibisi kendaraan listrik pada acara-acara mendatang sebagai bagian dari upaya untuk terus mempromosikan kendaraan ramah lingkungan di NTB.

"Kepada seluruh masyarakat NTB, ayo beralih ke kendaraan listrik, baik motor listrik maupun mobil listrik. Semua infrastruktur sudah kami siapkan. Ada SPKLU dan SPLU yang lokasinya bisa diakses melalui aplikasi PLN Mobile. Kendaraan listrik, lebih mudah dan ramah lingkungan," ucap Sudjarwo.

Dukungan pemerintah daerah terhadap inisiatif penggunaan mobil listrik di NTB juga terlihat melalui pembangunan infrastruktur dan dukungan regulasi dari pemerintah.

Kepala Dinas Pariwisata NTB, Jamaludin Maladi, turut menyampaikan apresiasi atas upaya yang dilakukan oleh PLN.

"Kami sangat mengapresiasi acara yang diselenggarakan PLN. Ini luar biasa ya, karena ke depan kita memang harus kembali ke kendaraan yang ramah lingkungan," ujarnya.

Melalui gelaran Mandalika EV Experience Chapter II di Mandalika Internasional Street Circuit, Kabupaten Lombok Tengah pada Rabu (24/4), Jamaludin juga mengajak masyarakat agar beralih ke kendaraan listrik.

"Ayo masyarakat NTB sekarang saatnya beralih ke mobil listrik, mobil ramah lingkungan," kata dia.

Dalam gelaran tahun ini, terdapat lebih dari 400 peserta turut serta mengikuti beberapa kegiatan, di antaranya eksibisi komunitas kendaraan listrik, pengenalan teknologi SPKLU yang disuplai energi surya, dan sensasi menjajal sirkuit Mandalika menggunakan mobil listrik dari berbagai merek.