Toyota Land Cruiser FJ45 dengan Restorasi Mewah Ini Dilelang, Dipediksi Terjual Lebih dari Rp1 Miliaran
Toyota Land Cruiser 1983 dilelang oleh RM Sotheby's. (Dok. RM Sotheby's)

Bagikan:

JAKARTA - Keberadaan kendaraan klasik saat ini semakin menarik minat para kolektor tapi tentu mobil klasiknya tidak hanya menawarkan desain yang unik, tapi juga memiliki nilai sejarah yang memikat. Salah satu model yang sedang menjadi sorotan para pecinta otomotif adalah mobil klasik Land Cruiser.

Toyota Land Cruiser FJ45 tahun 1983 misalnya, kini memasuki pasar lelang RM Sotheby's dengan tampilan seperti kendaraan terbaru. Mobil ini mendapatkan beberapa restorasi dan perawatan yang baik sehingga tetap mempertahankan nuansa tangguh dan kaku pada kendaraan tersebut.

Dilansir dari laman rumah lelang ini, Sabtu, 6 Januari, model pikap keluaran 1983 tersebut mendapatkan perbaikan frame-off dengan balutan berwarna Olive Green yang berkelas. Bagian suspensi juga telah diperbarui dengan Old Man Emu dan komponen listrik yang disegarkan.

9

Mobil ini ditambahkan sepasang lampu kabut yang terpasang pada bagian bumper depan mengapit komponen winch Warn. Land Cruiser tersebut juga menyediakan dongkrak pengangkat, satu set dop, dan bak yang terpasang di belakang kendaraan dengan warna serasi seperti bodi.

Restorasi dari kendaraan ini berlanjut ke bagian dalam, desain ciri khas Land Cruiser tetap dipertahankan pada bagian interior dengan penyempurnaan di bagian jok kulit kustom serta sistem audio modern modul pemutaran MP3.

9

Untuk penggeraknya, mesin 6-silinder 4,2 liter yang tertanam pada FJ45 telah mendapat perbaikan dan dibangun ulang. Dengan demikian, mobil ini tetap memiliki kapabiltas melewati berbagai medan mulai dari jalanan biasa hingga jalanan terjal pengunungan.

8

Kesan off-road semakin kental dengan dipasangkannya pelek 15 inci yang diselimuti oleh ban segala medan BF Goodricg Mud-Terrain T/A yang tangguh. Pikap ini telah dikendarai sejauh 965 km sejak memasuki masa restorasi.

Dengan beberapa perbaikan serta menawarkan nilai sejarah bagi seri ini, mobil ini akan dilelang oleh RM Sotheby di Phoenix, Arizona, AS pada 25 Januari mendatang dengan perkiraan harga 50.000 dolar AS hingga 70.000 dolar AS (sekitar Rp775,1 jutaan hingga Rp1 miliaran).