Toyota Perkenalkan Veloz X Urban, Siap Geser Hegemoni Mitsubishi Xpander Cross
Toyota Veloz X Urban. (Dok. Top Gear Phillipines)

Bagikan:

JAKARTA - Sejak pertama kali diperkenalkan sebagai MPV, Toyota Veloz telah memperlihatkan desain yang lebih modern, sporty, dan berani, terutama dalam hal penempatan lampu dan grill yang besar. Namun, pabrikan tersebut baru saja merilis model baru yang memiliki perbedaan yang signifikan.

Baru-baru ini, pabrikan asal Jepang tersebut meluncurkan Veloz X Urban, sebuah mobil yang ditujukan untuk pasar LSUV atau versi 'Cross' dari Veloz untuk pasar Thailand. Kehadiran model ini menandai upaya perusahaan untuk menyediakan lebih banyak opsi kendaraan untuk memenuhi kebutuhan utilitas.

Meskipun berada di segmen yang sama dengan Rush, Veloz X Urban merupakan pilihan yang menarik bagi pelanggan yang menginginkan SUV terjangkau dengan penggerak roda depan (FWD). Serupa dengan para pesaingnya, Mitsubishi Xpander Cross dan Hyundai Stargazer X, mobil ini datang dengan beberapa perubahan.

Dilansir dari Top Gear Philippines, Selasa, 7 November, bagian bawah bemper depan telah didesain ulang untuk mengurangi risiko gesekan. Perubahan juga diterapkan pada bagian belakang yang menampilkan tampilan yang unik. Flare fender lebih menonjol dengan tambahan cladding pada pintu.

6

Pabrikan juga telah meningkatkan ketinggian ground clearance. Jika Veloz standar memiliki 190 cm, Veloz X Urban sedikit meningkat menjadi 205 mm. Untuk menambah kesan tangguh dan sporty, model ini dilengkapi dengan pelek unik berbentuk lima palang yang menyerupai baling-baling.

Meskipun mengalami perubahan signifikan pada bagian luar, performa mobil ini tetap dipertahankan sebagaimana versi standarnya. Veloz X Urban ditenagai oleh mesin 1,5 liter Dual VVT-I dengan transmisi CVT yang mampu menghasilkan tenaga hingga 105 dk dan torsi 138 Nm.

Jika mobil ini dirilis di Indonesia, dapat menjadi alternatif menarik untuk menggantikan posisi Rush dalam segmen LSUV di negara ini. Terlebih lagi, Toyota Veloz telah meraih kesuksesan dengan total penjualan sebanyak 1.426 unit selama periode September 2023.

Di Indonesia, Toyota Veloz tersedia dalam dua pilihan transmisi, yakni manual dan otomatis. Berikut adalah daftar harga Veloz per November 2023: Toyota all new Veloz MT seharga Rp288,7 juta dan Toyota all new Veloz CVT seharga Rp304,4 juta.