Prabowo Subianto Masih Setia dengan Mobil Toyota Alphard Putihnya
Ulangi kesuksesan di tahun 2018, Alphard menerima penghargaan peringkat tertinggi dalam penilaian kinerja keselamatan FY2019 oleh JNCAP. (Dok. Toyota Global)

Bagikan:

JAKARTA - Mobil Toyota Alphard masih setia hingga hari ini menemani keseharian bakal calon presiden (bacapres) Prabowo Subianto.

Tampak hari ini, sebelum mendaftar ke KPU, Prabowo menggunakan Toyota Alphard miliknya ini untuk mengunjungi kediaman Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), presiden keenam Republik Indonesia (RI) di Cikeas, Bogor.

Diketahui, sejak menjabat sebagai Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo enggan berpaling ke mobil dinas baru karena Prabowo telah merasa nyaman dengan tunggangan sehari-harinya yaitu Toyota Alphard warna putih ini. Alhasil, pada saat itu Alphard putih ini hanya menggunakan plat nomor khusus milik Kementerian Pertahanan, 1-00. Sebelumnya mobil Toyota Alphard warna putih menggunakan nomor bernopol B 108 PSD.

Dilansir dari situs Badan Pajak dan Retribusi Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, mobil Alphard bernomor polisi B 108 PSD merupakan Alphard keluaran tahun 2018 dan merupakan tipe tertinggi dari seluruh varian Alphard yaitu Alphard 3.5 Q AT dengan harga saat itu mencapai Rp1,3 miliar, bahkan dari laman Tunas Toyota (per Desember 2020) harganya ditawarkan hampir Rp2 miliar.

4

Toyota Alphard 3.5 Q memiliki body yang panjang dan lebar. Semua itu didesain untuk mencukupi kebutuhan yang akan memberikan kenyamanan bagi para penumpang. Selain kenyamanan, Alphard 3.5 Q AT memiliki fitur keamanan dan keselamatan lengkap seperti seluruh kursi penumpang sudah dilengkapi dengan sabuk pengaman dan alarm pemakaian.

Selain itu, dilengkapi juga dengan alarm pintu sebagai pengingat ketika ada penumpang lupa mengencangkan pintu mobil. Lalu, fitur Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Brake Assist (BA), serta crash sensor yang akan menjaga kendaraan terhindar dari benturan. Ditambah lagi, adanya fitur pelindung benturan di bagian depan dan samping.

Ada pula fitur Vehicle Stability Control (VSC) yang berfungsi untuk menjaga stabilitas kendaraan saat berbelok di tikungan dan mencegah terjadinya slip yang bisa menyebabkan kecelakaan.

5

Toyota Alphard varian Q milik Prabowo ini dilengkapi dengan mesin berteknologi V6 dengan VVT-i dan menggunakan transmisi 8 AT. Selain hemat bahan bakar, teknologi ini juga diklaim Toyota pada saat diluncurkan juga sudah ramah lingkungan.

Untuk diketahui, Toyota Motor Corporation telah meluncurkan versi terbaru Alphard dan Vellfire pada 21 Juni 2023, dengan menghadirkan dua varian mesin yaitu bensin dan hybrid. Untuk Indonesia, khusus Alphard Hybrid resmi dikenalkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 dijual dengan harga Rp1,6 miliar.