Ketahui Perbandingan Wuling Alvez dan Hyundai Creta, Lebih Minat Mana?
Wuling Alvez. (Dok, Wuling)

Bagikan:

JAKARTA - Kedua mobil ini menarik untuk diulas, mengingat spesifikasi, dimensi, jumlah isi tempat duduk, hingga kapasitas kabin kedua mobil tidak jauh berbeda. Atau dalam artian, keduanya sama-sama mengisi kelas Compact SUV di tanah air.

Wuling Motors resmi meluncurkan Wuling Alvez belum lama saat pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 dan Hyundai Creta lebih duluan mengaspal di Indonesia ketika dirilis pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.

Nah, apa saja perbandingan keduanya?

Hyundai Creta
Hyundai Creta. (Dok. Hyundai)

Spesifikasi

Baik Alvez maupun Creta memiliki mesin yang sama, yaitu dengan empat silinder 1,5 liter. Keduanya masih menggunakan bahan bakar bensin. Untuk daya mesin yang dikeluarkan untuk Alvez ialah 105 dk, sedangkan Creta tenaganya sedikit lebih besar dengan 113 dk. Keduanya sama-sama menganut sistem transmisi enam percepatan.

Dimensi

Untuk dimensi, Hyundai Creta memiliki panjang 4.315 mm, lebar 1.790 mm, tinggi 1.630 mm, dan wheelbase 1.572 mm. Sedangkan Wuling Alvez memiliki dimensi lebih panjang 4.350 mm. Untuk lebar, tinggi dan wheelbase, Creta lebih unggul.

Fitur

Hyundai Creta menawarkan fitur yang tidak ada pada Wuling Alvez, yaitu "Drive Mode" yang terdiri dari empat mode, yaitu Eco, Comfort, Smart, dan Sport. Sedangkan fitur yang ada pada Alvez yang tidak dimiliki Creta adalah Automatic Climate Control.

Lain-lain

Pada bagian lampu depan, Creta memakai lampu LED. Sedangkan Alvez, memakai lampu dengan jenis Halogen. Creta juga menambahkan spion lipat elektrik yang efisien agar memudahkan pengemudi melipat spion untuk segala kondisi. Sedangkan, Alvez tidak memilikinya.

Harga

Berdasarkan update per 10 Maret, untuk varian terendah Hyundai Creta dibanderol Rp291 juta yaitu tipe Active MT. Dan varian tertinggi Hyundai Creta adalah Prime IVT 2 Tone yang dibanderol Rp491 juta.

Sedangkan, Alvez SE adalah varian termurah Wuling Alvez seharga Rp209 juta. Dan tipe EX sebagai tipe flagship Wuling yang dibanderol Rp 295 juta.