7 Jenis Sayuran Hijau yang Bantu Tingkatkan Kekebalan Tubuh
Ilustrasi sayuran hijau di meja (Pexels/Jill Wellington)

Bagikan:

JAKARTA – Kekebalan tubuh bisa ditingkatkan dengan mempertimbangkan jenis asupan. Disamping mengonsumsi makanan bernutrisi yang meliputi aneka ragam vitamin, mineral, sedikit lemak, serat, dan karbohidrat cukup.  

Untuk vitamin, mineral, dan serat bisa dipenuhi lewat mengonsumsi sayuran. Nah, sayuran berwarna hijau pada daftar di bawah bisa bantu tingkatkan kekebalan tubuh.

Dilansir Mints, Selasa, 13 Juli, menurut Luke Coutinho, dokter pengobatan alternatif dan pendiri Pure Nutrition mengatakan bahwa sayuran berwarna hijau mencolok banyak mengandung klorofil.

“Secara struktural mirip dengan hemoglobin, menjadikannya makanan pembangun darah alami,” terang Coutinho.

Namun, bagi orang yang mengalami gagal ginjal kronis, batu ginjal, asam urat harus menghindari sayuran hijau. Sebab bagi mereka yang mengalami masalah tersebut, sumber vitamin K bisa menyebabkan darah menggumpal.

Apa saja daftar sayuran hijau yang baik untuk kekebalan tubuh Anda dan keluarga?

1. Peterseli

Menurut Coutinho, peterseli bisa meningkatkan kesehatan ginjal, menyembuhkan infeksi saluran kemih, dan melawan kembung. Dalam dua sendok makan peterseli bisa memenuhi kebutuhan harian vitamin K, yang dibutuhkan oleh pria 120 mcg dan wanita 90 mcg.

sayuran penambah imun tubuh
Ilustrasi daun peterseli (Unsplash/Pintando la luz)

Peterseli juga direkomendasikan untuk kesehatan tulang dan saraf. Sayuran hijau ini juga mengandung mineral anti inflamasi dan alkali yang kuat.

2. Brokoli

Seluruh potongan sayurah brokoli bisa dimakan, mulai dari kuntumnya yang hijau hingga batangnya yang berwarna putih. Brokoli kaya dengan vitamin A, D, dan K serta folat dan serat.

Sherly Ganesh, manajer nutrisi dan dietetika di Rumah Sakit Colombia Asia, Bengaluru, menyarankan brokoli dimakan mentah, dikukus, atau ditambahkan dalam sup.

3. Daun bayam

Sayuran satu ini yang warnanya beragam, ada yang hijau tua, merah, dan ungu. Semuanya memiliki kandungan vitamin A, C, riboflavin, niasin, kalsium, fosfor, dan magnesium. Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk salad, sayur bening, pecel, maupun sup.

4. Selada

Jika untuk pelengkap sandwich kurang segar, maka Anda bisa menikmati semangkuk selada dalam salad segar. Selada kaya akan vitamin A, C, K, dan folat.

5. Sawi hijau

Sawi hijau sarat akan vitamin A, C, K, karoten, antioksidan flavonoid, dan kalsium. Menurut Ganesh, sawi hijau juga mengandung indole-3 carbinol yang telah terbukti bermanfaat melawan kanker prostat, kanker payudara, usus besar, dan ovarium.

Efek sitotoksik pada sawi hijau bisa membantu menghancurkan sel kanker. Bagaimana cara Anda biasanya dalam menikmati hidangan berbahan sawi hijau? Tentu lezat bukan.

6. Kale

Rasanya memang sedikit pahit, tetapi sayuran hijau yang satu ini tinggi mengandung vitamin A, C, dan K. Bisa dikonsumsi sebagai campuran salad, bisa juga dijus bersama buah-buahan berwarna pelangi agar menyatu dan menguatkan sistem imun.

sayuran penambah imun tubuh
Ilustrasi jus sayuran hijau (Unsplash/Jan Sedivy)

7. Collard hijau

Collard hijau bentuknya mirip sawi hijau, tetapi berbeda karena tergolong kultivar berdaun lepas dan termasuk dalam kubis serta brokoli. Rasanya tidak terlalu pekat, kandungan nutrisinya kaya akan vitamin A, C, K, folat, serat, dan kalsium.