Bagikan:

JAKARTA - Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang tidak disukai oleh banyak siswa karena dinilai susah dan rumit. Dengan demikian, seorang guru memiliki tugas untuk membuat siswa menyenangi pelajaran tersebut demi kebaikan mereka di kehidupan sehari-hari dan masa depan.

Hal awal yang harus dilakukan untuk membuat siswa menyenangi matematika adalah mengubah pola pikir hingga cara menyenangkan untuk mempelajarinya. Untuk cara lengkapnya, simak langsung di bawah ini.

1. Mengubah pola pikir

Hal pertama yang dilakukan agar siswa menyenangi matematika adalah pengubahan pola pikir. Pada pola pikir siswa harus ditanamkan bahwa matematika bukanlah pelajaran yang susah, tetapi pelajaran yang menyenangkan.

“Yang pertama kita ubah dulu pola pikir siswa. Selama ini kan ada fix mindset bahwa matematika itu susah. Jadi bagaimana kita bisa mengubah pola pikir kita bahwa matematika itu adalah sesuatu yang menantang,” kata Guru Binar Ambassador, Ernawati, di acara Hari Guru Nasional bersama Putera Sampoerna Foundation (PSF), di Senayan, Jakarta Pusat, pada Selasa, 3 Desember 2024.

2. Ajarkan matematika dasar

Setelah itu yang harus dilakukan adalah mengajarkan siswa tentang pelajaran matematika paling dasar dengan baik. Menurut Ernawati jika siswa tidak mengerti dasar, maka mereka akan kesulitan untuk mengatasi soal matematika lanjutan.

“Kemudian kita mengajarkan dari dasar. Mereka kesulitan karena basicnya itu kurang paham. Sampai pelajaran atas nanti dia bisa bertanya-tanya karena basicnya tidak paham,” tuturnya.

3. Manfaatkan teknologi dan kreativitas suasana belajar

Membuat suasana belajar yang menarik dan seru juga bisa membuat siswa lebih menyenangi matematika. Guru dapat memanfaatkan teknologi atau melakukan aktivitas kreatif lain agar saat belajar matematika tidak terasa menegangkan dan membosankan.

“Kita bisa mengintegrasikannya dengan teknologi digital yang ada saat ini. Siswa itu sangat senang kalau kita menyajikannya dalam visual, berbagai bentuk atau aktivitas kreatif di dalam kelas, supaya siswa itu antusias dalam belajar,” tuturnya.

4. Kaitkan pelajaran matematika dengan dunia nyata

Supaya anak semakin senang dan butuh akan matematika, guru harus mengaitkan pelajaran tersebut dengan kehidupan sehari-hari. Ini membuat anak memiliki tujuan mempelajari matematika, karena sangat berguna bagi kehidupan mereka di dunia nyata.

“Yang terakhir kita mengaitkannya dengan dunia nyata. Ketika siswa itu memahami apa sih matematika di dunia nyata ini, implikasinya, jadi mereka punya tujuan. Belajar matematika bukan hanya begitu, tapi bisa memanfaatkannya,” pungkas Ernawati.