Bagikan:

JAKARTA - Baru-baru ini, Malaysia menduduki peringkat puncak sebagai negara yang paling dicintai di Asia, mengalahkan tujuan wisata populer lainnya seperti Singapura, Thailand, Cina, hingga Indonesia.

Dilansir dari laman Vn Express International, Malaysia terpilih sebagai negara paling dicintai di Asia oleh situs web keuangan Amerika Insider Monkey. Malaysia didatangi 16,45 juta wisatawan asing antara Januari dan Agustus atau 8 bulan, menandai peningkatan sebesar 30% dibandingkan kunjungan pada yang sama tahun lalu.

Menurut Menteri Pariwisata, Seni, dan Budaya Malaysia Datuk Seri Tiong King Sing, yang dikutip dari The Edge Malaysia, wisatawan asing yang paling banyak mengunjungi Malaysia adalah Singapura.

Singapura adalah sumber pengunjung terbesar selama periode ini, menyumbang 5,77 juta kedatangan. Lalu, diikuti oleh Indonesia dengan 2,4 juta dan Cina dengan 2,29 juta.

Sementara itu, Thailand menempati peringkat keempat dengan 1,09 juta pengunjung, sementara Brunei menempati posisi lima besar dengan 785.548 kedatangan. Kini, Malaysia telah menetapkan target kedatangan asing sebesar 27,3 juta tahun ini.

Terkenal karena beragam budayanya, Malaysia melampaui Singapura dan Thailand untuk menjadi negara yang paling dicintai di Asia, menurut survei Insider Monkey yang dilakukan pada bulan Juni.

Untuk lebih meningkatkan pariwisata, Malaysia juga melonggarkan persyaratan visa bagi pengunjung dari negara-negara ekonomi utama seperti Cina dan India.

Dalam periode delapan bulan yang sama, Thailand mencatat 23 juta wisatawan internasional, sementara Vietnam menyambut 11,2 juta.