Bagikan:

YOGYAKARTA – Makna nama Bebingah Sang Tansahayu sedang jadi pembicaraan. Pasalnya, nama tersebut disematkan pada putri pertama Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. Seperti diketahui, Kaesang dan Erina tengah diliputi kebahagiaan setelah putri pertamanya lahir dengan normal dan selamat pada Selasa, 15 Oktober pukul 07.02 WIB di Rumah Sakit Ibu dan Anak Bunda Menteng.

Nama putri Kaesang dan Erina sendiri diketahui sangat kental dengan nuansa Jawa. Bahkan pemilihan nama tersebut sudah menjadi tradisi di keluarga besar Presiden Jokowi. Di luar dari hal tersebut, arti Bebingah Sang Tansahayu menarik perhatian.

Makna Nama Bebingah Sang Tansahayu

Kaesang pun sempat menjelaskan arti dari Bebingah Sang Tansahayu yang kemudian jadi nama untuk putrinya. Menurutnya, nama putrinya mengandung makna kebahagiaan dan sifat cantik yang dimiliki oleh sang putri.

"Bebingah itu yang membuat bahagia. Sang Tansahayu itu dialah yang selalu cantik dalam tutur kata, paras, semuanya," jelas Kaesang di RSU Bunda Jakarta, Selasa.

Selain itu Kaesang juga mengakui bahwa nama putrinya diambil dari bahasa Jawa. Nama tersebut diberikan oleh sang istri untuk putri mereka.

"Bahasa Jawa, yang buat istri saya. Nama semua dari istri saya," ungkap Kaesang.

Arti Kata Bebingah Sang Tansahayu

Bebingah sendiri memang berasal dari bahasa Jawa yakni bungah. Dalam Kamus Bahasa Jawa Indonesia (KBJI) Kemendikbud, bungah diartikan sebagai rasa senang, bahagia. Bebingah juga memiliki persamaan kata lain yakni bebungah yang artinya pemberian, hadiah.

Sedangkan tansahayu merupakan gabungan dari dua kata bahasa Jawa yakni tansah dan ayu. Dalam KBJI Kemendikbud, kata tansah diartikan dengan selalu, sedangkan ayu diartikan sebagai cantik. Dengan demikian tansahayu diartikan dengan selalu cantik.

Itulah informasi terkait makna nama Bebingah Sang Tansahayu. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.