Bagikan:

JAKARTA - Semangat dalam diri yang terus membara merupakan hal yang penting dijaga, supaya berhasil mencapai tujuan hidup. Namun, tak jarang di perjalanan mencapai tujuan itu, semangat meredup dan membuat diri tidak produktif.

Penulis sekaligus pengusaha, Okki Sutanto mengatakan terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mempertahankan semangat dalam diri untuk tetap produktif. Simak beberapa caranya di bawah ini.

1. Definisikan tujuan yang ingin dicapai

Menurut Okki Sutanto, mendefinisikan tujuan yang ingin dicapai adalah cara pertama yang harus dilakukan untuk mempertahankan semangat dalam diri. Cari tahu alasan mengapa tujuan tersebut harus dicapai, sehingga Anda merasa itu penting dan selalu semangat berusaha mencapainya.

“How to keep your spark? Pertama definisikan goals (tujuan) dulu. Apa yang ingin dicapai, itunya dulu didefinisikan. Kadang kita punya mimpi besar, kita punya angan-angan besar, tapi kita tidak definisikan dengan jelas apa yang ingin kita capai. Ini jadinya kita nggak tahu kita menuju ke sana apa belum,” kata Okki Sutanto saat ditemui di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis, 3 Oktober 2024.

2. Buat rincian langkah mencapai tujuan

Untuk tetap fokus dan produktif mencapai tujuan tersebut, maka yang perlu dilakukan adalah menbuat rincian langkah-langkah yang harus dilakukan.

“Yang kedua caranya, bagaimana ke sana (mencapai tujuan tersebut). Kita harus breakdown langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan untuk mencapai ke sana,” tuturnya.

3. Cari lingkungan yang mendukung

Lingkungan sekitar sangat memengaruhi diri untuk tetap semangat dan produktif ketika melakukan sesuatu hal. Carilah teman yang bisa mendukung atau memberikan tambahan energi bagi Anda untuk tetap produktif.

“Ketiga carilah support system, carilah komunitas yang memiliki frekuensi sama, energi sama, kepeduliannya sama. Ketemu dengan orang-orang yang satu frekuensi, punya visi sama, itu bisa subsidi silang energi. Ketika ada yang lagi capek, ketika ada yang lebih punya energi dan semangat, itu bisa subsidi silang,” jelasnya.

4. Jangan memaksakan diri

Ketika memang sedang merasa lelah dan jenuh, sebaiknya istirahatkan diri sejenak. Jangan memaksakan diri Anda untuk terus berusaha produktif jika lelah, karena hasilnya akan tidak maksimal.

“Terakhir jangan terlalu keras sama diri sendiri juga. Kalau kitanya lagi capek, bosan, jenuh, rileks dulu saja, santai dulu saja,” tambah Okki Sutanto.