JAKARTA - Akhir pekan menjadi waktu yang ditunggu-tunggu khususnya warga Jakarta setelah bekerja dan melakukan aktivitas. Aak heran kalau acara yang menyajikan banyak berbagai kegiatan sekaligus seperti belanja, kuliner dan juga piknik jadi banyak dicari.
Inovasi diperlukan untuk memfasilitasi kegiatan pengusaha lokal agar berkembang menjadi bagian dari ekonomi lokal yang kreatif dan berkelanjutan.
Dalam hal ini, kombinasi antara pasar fisik dan e-commerce menjadi kunci utama dalam menjangkau pasar yang lebih luas dan meningkatkan responsivitas terhadap kebutuhan konsumen.
Mendukung gaya hidup berkelanjutan yang bersinergi untuk para pelaku usaha lokal, Brightspot bersama Tokopedia dan Shop Tokopedia menghadirkan Taman Brightspot 2024 yang berlokasi di Urban Forest Cipete.
Acara ini menghadirkan pengalaman eksplorasi karya jenama lokal yang berbeda dengan memberikan nuansa piknik di alam di tengah hiruk pikuk kota.
Anton Wirjono selaku Founder Brightspot Market dan Future 10, mengutarakan esensi yang berbeda dari gelaran Taman Brightspot 2024. “Kembali hadir tahun ini dengan memberikan pengalaman praktik bisnis berkelanjutan, dari inovasi sinergi antara e-commerce lokal dan pasar fisik hingga bekerja sama dengan inisiatif lokal dalam pengelolaan sampah acara," kata Anton Wirjono dikutip VOI dari siaran media, Kamis, 25 Juli.
"Hal ini mempertegas komitmen kami dalam bisnis berkelanjutan dan dukungan terhadap usaha lokal. Menawarkan pilihan berakhir pekan berbeda yang lebih hijau untuk kaum urban dengan konsep piknik di tengah hiruk pikuk kota," tambahnya.
Dengan adanya inovasi digital seperti e-commerce lokal, tren gaya hidup berkelanjutan yang mempromosikan pemilihan produk dari jenama lokal tidak hanya memberikan manfaat lingkungan dan ekonomi, tetapi juga mendukung pertumbuhan UMKM.
BACA JUGA:
Integrated Marketing Country Business Partner Tokopedia dan ShopTokopedia, Hilda Kitti menuturkan kalau sinergi antara pasar fisik dan e-commerce sangat penting untuk kelangsungan usaha UMKM.
"Tokopedia dan ShopTokopedia, selalu berupaya mempermudah kehidupan masyarakat, khususnya pencinta produk buatan brand lokal, dengan berkolaborasi dan memberikan berbagai fitur yang memudahkan pengguna dalam bertransaksi online, demi sekaligus mendukung ekosistem UMKM di Indonesia," tuturnya.
"Dukungan kami dalam acara Taman Brightspot 2024 adalah salah satu bukti nyata dari komitmen terhadap produk lokal dan pelaku industri kreatif. Kolaborasi antara Tokopedia dan ShopTokopedia dengan Brightspot diharapkan dapat berperan sebagai katalisator inovasi yang bisa membuka peluang semakin besar bagi pertumbuhan ekonomi nasional," ujar Hilda Kitti.