Bagikan:

YOGYAKARTA - Kuliah D4 dan S1 rupanya masih membuat kebanyakan orang salah kaprah. Pasalnya, banyak yang masih beranggapan kalau D4 dan S1 itu program kuliah yang sama, padahal beda. Lantas apa sih perbedaan D4 dan S1?

Program sarjana serta sarjana terapan mempunyai kesamaan yaitu masa pendidikan 4 tahun. Tetapi, sesungguhnya kedua program tersebut mempunyai banyak perbedaan seperti gelarnya, pembelajarannya, juga prospek kerja lulusannya.

Berikut merupakan perbedaan mendasar antara program sarjana serta sarjana terapan:

Ilustrasi Mahasiswa (Gambar Jasmine Coro-Unsplash)
Ilustrasi Mahasiswa (Gambar Jasmine Coro-Unsplash)

Perbedaan D4 dan S1

Salah satu yang membedakan kuliah D4 serta S1 merupakan gelar yang disandang lulusannya. Mahasiswa lulusan D4 bakal menyandang gelar Sarjana Terapan, sedangkan lulusan S1 bakal menyandang gelar Sarjana.

Tidak hanya gelar, terdapat setidaknya ada 2 poin utama lain yang membedakan 2 program studi ini, yakni:

I. Bobot Keilmuan

Dalam jenjang pendidikan D4, bobot keilmuan praktek umumnya mempunyai proporsi sampai 70 persen, dengan bobot keilmuan teori hanya 30 persen. Kebalikannya, pada program pendidikan S1 bobot keilmuan teori memperoleh jatah sampai 70 persen dengan praktek cuma 30 persen.

Perbedaan ini menunjukkan kalau program pendidikan D4 lebih menekankan pada aspek ketrampilan dan pengalaman di lapangan, sedangkan program pendidikan S1 lebih fokus pada pemahaman keilmuan yang lebih mendalam.

II. Orientasi Karir

Perbedaan antara kuliah D4 serta S1 pula sangat terlihat dari orientasi karir sehabis lulus. Program Diploma 4 mempunyai orientasi buat menghasilkan lulusan yang lebih terampil, kompeten, serta bisa langsung menerapkan ketrampilan serta kompetensinya dalam dunia kerja ataupun industri.

Di lainsisi itu, program S1 mempunyai orientasi yang lebih mengutamakan pemahaman teoritis sesuatu disiplin ilmu. Walaupun juga mengaitkan proses perkuliahan praktikum, program S1 lebih berfokus pada pemahaman konseptual, teoritis, serta meningkatkan jiwa kepemimpinan.

III. Syarat Kelulusan

Ketentuan kelulusan program D4 serta S1 berbeda. Dalam program D4, ketentuan kelulusannya yaitu kerja praktik, laporan ilmiah, ataupun tugas akhir. Sebaliknya ketentuan kelulusan untuk mahasiswa S1 yaitu membuat skripsi.

IV. Gelar

Walaupun setara, ada beberapa perbedaan dalam gelar yang bakal disandang oleh lulusan D4 serta S1. Lulusan D4 bakal menyandang gelar selaku Sarjana Terapan (S.Tr.), misalnya S.Tr.I. Kom. buat D4 Ilmu Komunikasi serta S.Tr.T. buat D4 Teknik.

Sedangkan itu, lulusan S1 bakal menyandang gelar Sarjana saja (S.), misalnya S.I.Kom. buat S1 Ilmu Komunikasi serta S.T. buat S1 Teknik.

Apakah Kuliah D4 Bisa Melanjutkan Ke Program S2?

S1 serta D4 merupakan jenjang pendidikan yang setara. Oleh sebab itu, mahasiswaa lulusan D4 bisa melanjutkan pendidikan ke program S2. Tidak cuma di dalam negeri, saat ini sudah banyak program S2 luar negeri yang menerima lulusan D4.

Kesimpulannya

Pada dasarnya, tiap mahasiswa baik program D3, D4, S1, S2 ataupun S3 bakal memperoleh teori pendidikan sesuai jurusan. Akan tetapi, bobot teori antara program D4 serta S1 berbeda.

Pada program D4 umumnya bobot teori cuma sebesar 40% sehingga lebih banyak praktik. Sebaliknya pada program S1 kebalikannya, bobot teori lebih banyak.

Alasan tersebut disebabkan lulusan D4 lebih dipersiapkan selaku tenaga ahli di industri. Mahasiswa program D4 diajarkan hal yang lebih relevan dengan pasar kerja.

Sedangkan lulusan S1 lebih ditunjukan buat melanjutkan S2 serta jadi tenaga ahli riset. Tetapi, saat ini kedua lulusan sama-sama baiknya.

Selain itu buat kalian yang lulusan S1 ataupun D4 ingin melanjutkan S2 namun sambil kerja kalian bisa daftar deh di Universitas Terbuka, berikut Syarat Daftar S2 Universitas Terbuka Tahun 2024.

Jadi setelah mengetahui perbedaan D4 dan S1, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!