Mengenal Natural Diamond yang Terproses Selama Jutaan Tahun
Mengenal Natural Diamond (Gambar Gigi - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Mengenal natural diamond atau berlian alami merupakan permata alam yang begitu indah dengan kilauan tak tertandingi. Permata ini tidak Cuma sekedar batu mulia, tetapi sebuah keindahan yang tercipa lewat proses alamiah.

Siapa sangka, waktu dalam prosesnya juga membutuhkan sampai jutaan tahun lamanya. Kali ini kita akan mengenal lebih jauh apa itu natural diamond. Simak sampai selesai, ya!

Mengenal Natural Diamond

Natural diamond ialah zat alami paling keras di bumi yang dibuat dari karbon. Batu permata ini pula mempunyai nilai 10 skala Mohs, paling tinggi serta terkokoh dari gemstone yang lain.

Karbon, dengan sedikit kandungan nitrogen, yang terkena tekanan serta temperatur tinggi dalam mantel bumi berhasil menghasilkan berlian dengan kilau abadi yang luar biasa.

Walaupun kemajuan teknologi memungkinkan penciptaan lab grown diamond ataupun berlian laboratorium, keelokan natural serta keunikan natural diamond senantiasa jadi daya tarik utama.

Keindahan ini berasal dari proses geologis yang panjang serta kompleks, mulai dari tekanan serta temperatur tinggi hingga pergerakan tektonik.

Natural Diamond (Gambar stock.adobe)

Seperti Apa Proses Pembentukan Natural Diamond?

Berlian alami berasal dari karbon yang terkena tekanan serta temperatur tinggi di dalam mantel bumi. Proses ini membutuhkan kondisi yang sangat ekstrem.

Serta seiring berjalannya waktu, prosesnya juga mengaitkan perubahan fisik serta kimia yang kompleks. Karbon yang terperangkap dalam susunan bumi alami transformasi jadi kristal berlian.

Inilah yang diucap selaku metamorfosis berlian alami. Metamorfosis diawali pada saat karbon terpapar tekanan tinggi serta temperatur yang menggapai ribuan derajat Celcius.

Tekanan yang kuat di dalam bumi menimbulkan atom-atom karbon saling terikat dengan erat sampai membentuk struktur kristal yang unik. Proses ini memakan waktu jutaan tahun serta hasilnya yaitu batu berharga dengan kilau yang tidak tertandingi.

Bersamaan pergerakan tektonik serta proses geologis yang lain, natural diamond terdorong ke permukaan lewat pipa vulkanik sampai batu permata alami ini juga berpindah ke posisi baru.

Keberadaannya dapat ditemui kurang lebih 100 mil, ataupun 150-200 kilometer, di dasar permukaan bumi. Temperatur rata-rata di kedalaman ini menggapai 900-1300 derajat Celcius dengan tekanan 45-60 kilobar.

Buat mengapresiasi keindahan alami diamond, Kalian butuh memahami proses alamiah yang rumit serta panjang dalam pembentukannya.

Sayangnya, cuma sedikit orang di luar industri permata yang menyadari bagaimana perjalanan batu permata dari tambang ke gerai perhiasan tradisional, situs belanja online, dan lainnya.

Terdapat beberapa ton tanah serta berjam-jam tenaga kerja diperlukan buat membawa batu permata dari tambang ke pasar. Terlepas dari seluruh prosesnya, berlian tidak pernah gagal menghasilkan daya tarik abadi yang tidak terlupakan, menjadikannya pilihan paling di idamkan dalam dunia perhiasan.

Perbedaan Jenis-jenis Diamond

Diamond atau berlian adalah sebuah batu mulia yang mempunyaii tekstur sangat keras. Menurut buku Ragam Pesona Batu Nusantara karya Levy Arnaldo dan Bohari Muslim, diamond itu sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu adama.

Adama berarti tak tertaklukkan, yang menunjukkan bahwa konsistensi dari batu berlian ini memang sangat keras. Proses pembentukannya butuh waktu yang lama dan penampilannya begitu indah, tidak heran jika harganya memang mahal.

Sebelum membelinya, kamu wajib tahu bahwa ada beberapa jenis diamond yang bisa kamu jumpai. Berikut adalah beberapa jenis dan perbedaannya.

White Diamond

Urutan pertama ada white diamond yang merupakan jenis diamond terbaik di dunia. Perlu diketahui juga bahwa jenis berlian yang satu ini memiliki jumlah paling banyak. Tidak heran jika white diamond sering sekali digunakan.

Biasanya berlian berwarna putih ini sering dipakai untuk membuat cincin pernikahan mewah. Selain itu berlian jenis ini juga memiliki bentuk dan ukuran yang sangat bervariasi. Untuk lebih lengkapnya baca: “Kenali Perbedaan Diamond yang Ada di Perhiasan”.

Jadi setelah mengetahui mengenal natural diamond, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!