Danau Linow Pesona Terbaik di Tomohon: Hanya Satu Jam dari Kota Manado
Danau Linow Pesona Terbaik di Tomohon (Hasil Tangkap Layar Foto Instagram @sumargodenny)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Sulawesi Utara ialah salah satu provinsi di Indonesia yang menyuguhkan segudang destinasi wisata buat didatangi. Berkendara kurang lebih 1 jam dari ibukotanya Manado misalnya, bakal datang di Tomohon, yang menawarkan bermacam daya tarik wisata alam. Topografi Kota Tomohon yang dihimpit 2 gunung yaitu Gunung Lokon serta Gunung Mahawu, membuat angin yang berembus di kawasan itu terasa begitu sejuk dan meyegarkan jiwa. Bisa dibilang Danau Linow Pesona Terbaik di Tomohon sih!

Pada saat berkunjung ke Tomohon, salah satu destinasi yang tidak boleh dilewatkan ialah Danau Linow. Danau ini populer sebab keelokan geologisnya, keunikan yang dimilikinya, serta berbagai kegiatan yang bisa dinikmati oleh para pengunjung. Ayo kita jelajahi lebih dalam tentang Danau Linow yang jadi salah satu kekayaan alam Sulawesi Utara.

Danau Linow terletak di Desa Lahendong, kurang lebih 30 km dari pusat kota Tomohon, 10 km dari Pasar Tomohon, serta 35 km dari Manado. Jaraknya yang relatif dekat, jalan yang nyaman serta aman, membuat Danau Linow jadi destinasi terkenal untuk para pengunjung yang mendatangi kawasan Manado serta sekitarnya. Nama “Linow” sendiri berasal dari bahasa Minahasa “lilinowan”, yang berarti genangan air.

Danau Linow Pesona Terbaik di Tomohon

Salah satu daya tarik utama Danau Linow yaitu keunikan geologisnya yang mempesona. Dari waktu ke waktu, air di danau ini nampak berubah warna secara berkala, mulai dari hijau zamrud, biru muda, sampai kuning keemasan. Pergantian warna ini diakibatkan oleh kandungan belerang di bawah danau. Keberadaan belerang ini pula berhubungan dengan lokasinya yang bersebelahan dengan Gunung Lokon yang masih aktif. Belerang mempengaruhi pembiasan sinar matahari serta membuat air nampak berganti warna.

Tidak hanya nampak berganti warna, isi belerang pula menyebabkan aroma berbau telur busuk yang langsung menusuk penciuman saat datang di area Danau Linow. Belerang pula menciptakan gelembung-gelembung udara kecil yang bisa nampak di permukaan air. Fenomena ini menjadikan Danau Linow selaku salah satu destinasi yang sangat menarik atensi di Sulawesi Utara.

Walaupun mempunyai kandungan belerang, Danau seluas 34 hektar ini senantiasa jadi habitat beberapa jenis ikan semacam ikan gabus, ikan mas, serta mujair. Tidak hanya itu, terdapat pula tipe hewan endemik yang asli dari daerah Tomohon, sayok serta komo. Keduanya berbentuk hewan sejenis serangga yang awal mulanya berenang di permukaan air, kemudian setelah itu berubah jadi serangga bersayap semacam capung yang bisa terbang ke daratan.

Keduanya, sayok serta komo, sering ditangkap serta dimakan sebagai bahan lauk oleh masyarakat setempat. Sebab berukuran lebih kecil, komo umumnya diolah dengan dicampurkan tepung kemudian digoreng. Sedangkan, sayok lebih kerap digoreng dengan saus rica.

Foto @rifkiantariksa
Foto Instagram @rifkiantariksa

Berkunjung ke Danau Linow

Pada saat berkunjung ke Danau Linow, para pengunjung bisa menikmati bermacam-macam kegiatan. Salah satunya dengan berjalan-jalan di sekitar danau serta menikmati pemandangan alam yang indah. Para wisatawan pula bisa menyewa perahu ataupun kano buat menjelajahi danau serta menikmati ketenangan. Tidak hanya itu, juga bisa berpiknik sembari menikmati masakan serta minuman yang dijajakan di dekat area danau. Serta yang paling penting, tempat ini pula mempunyai banyak sisi yang bisa diabadikan oleh para pencinta fotografi.

Cuacanya yang sejuk membuat danau ini bisa dinikmati lebih maksimal pada saat didatangi pada pagi hari ataupun sore menjelang senja. Saat sinar matahari memancar dengan lembut lewat pepohonan serta menciptakan latar belakang yang menawan. Waktu-waktu tersebut memberikan peluang terbaik buat menikmati keelokan serta ketenangan Danau Linow. Bila mau menjauhi keramaian, jangan berkunjung di akhir minggu ataupun hari libur nasional.

Instagram @reniearumsari  

Saat sebelum mendatangi Danau Linow, terdapat beberapa hal yang butuh diketahui. Pertama, senantiasa ingat buat melindungi kebersihan serta kelestarian alam. Membawa kembali sampah serta jangan merusak area sekitar. Kedua, perhatikan petunjuk serta ketentuan yang ada di area danau buat melindungi keselamatan diri serta kenyamanan wisatawan yang lain. Ketiga, siapkan peralatan yang sesuai, semacam topi, kacamata gelap, serta tabir surya, sebab area sekitar Danau Linow cenderung terik.

Gambar Atorine

Ingat, karena Danau Linow ialah danau vulkanik, senantiasa perhatikan petunjuk keselamatan serta peraturan yang berlaku di area danau. Jauhi buat memegang ataupun mengambil air supaya bebas dari resiko reaksi belerang dengan kulit. Dengan menghormati serta melindungi alam di sekitar danau, maka ikut melestarikan danau supaya bisa terus dinikmati oleh generasi berikutnya. Untuk sampai ke Danau Linow, butuh berjalan kurang lebih 700 m dari zona parkir. Danau bisa diakses mulai jam 11:00 hingga 20:00.

Selain informasi terkait Danau Linow, kalian juga bisa membaca: “Pesta Rakyat Toba Dijadikan Ajang Tahunan di Danau Toba” yang tak kalah menarik untuk dikunjungi.  

Jadi setelah mengetahui Danau Linow Pesona Terbaik di Tomohon, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!