7 Situs <i>Download</i> Buku Gratis dan Legal, Yuk Dicatat!
Ilustrasi e-book (Foto: Pixabay/Perfecto_Capucine)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Situs download buku gratis dan legal saat ini semakin bertebaran seiring meningkatknya tren paperless dalam beberapa tahun belakangan.

Akademisi, mahasiswa maupun pelajar dapat mengakses situs download buku gratis untuk mendapatkan e-book dalam format PDF.

Lantas, apa saja situs download buku gratis dan legal yang bisa diakses? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

7 Situs Download Buku Gratis dan Legal

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut lima situs download buku gratis yang bisa diakses akademisi, mahasiswa, maupun pelajar:

1. Open Library

Situs ini menyediakan lebih dari 20 juta koleksi e-book yang bisa diunduh secara gratis. Menariknya, pengguna juga bisa berkontribusi dengan menambahkan buku-buku elektronik pada situs tersebut.

Untuk mempermudah pencariaan, Open Library telah mengelompokkan e-book berdasarkan tema masing-masing, mulai dari buku romantis, seni, novel fantasi, biografi, kesehatan, sejarah, resep makanan, edukasi, dan lain sebagainya.

Tak cukup sampai disitu, situs ini juga sudah dibekali dengan fitur pencarian berdasarkan judul, kategori penulis, tema dan lain sebagainya.

Pengguna bebas membaca atau mengunduh e-book gratis yang tersedia di Open Library kapanpun melalui gadget.

2. Buku Kemdikbud

Buku Kemdikbud adalah situs downlod buku gratis yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud-Ristek).

Situs ini menyediakan lebih dari 1300 buku Pelajaran resmi untuk jenjang SD, SMA dan SMK. Buku-buku tersebut dapat diunduh dalam format PDF tanpa dikenakan biaya.

Situs ini dihadirkan untuk mempermudah akses siswa, wali, dan guru dalam memperoleh bahan pembelajaran. Dengan mengakses situs Buku Kemdikbud, Anda bisa mengunduh e-book gratis berupa buku paket ajar versi siswa dan buku pendamping versi guru yang tersedia sebagai pegangan dalam belajar.

3. Bookboon

Bookboon merupakan salah satu situs e-book paling populer. Situs ini menyediakan koleksi buku yang lengkap.

Bagi penggemar buku yang ingin menambah wawasan dalam bidang bisnis dan marketing, situs ini menjadi pilihan yang cocok.

Selain itu, situs ini juga menyediakan buku-buku dengan kategori bidang lainnya.

4. Google Books

Google Books merupakan situs downlod e-book gratis milik Google. Situs ini memungkinkan pengguna untuk menemukan buku dengan mudah.

Cara kerja Google Books sama dengan Google Search Engine. Pengguna cukup menuliskan kata kunci, semisal judul buku, nama penulis, tahun terbit atau topik terkait.

Sebagian e-book yang tersedia di situs ini memang berbayar. Akan tetapi, sebagiannya lagi bis diakses secara gratis.

Google Books tersedia dalam versi web, sehingga bisa diakses menggunakan browser yang terpasang di perangkat komputer atau smartphone.

5. Buku e-Lipi

Rekomendasi situs download buku gratis yang selanjutnya adalah Buku e-Lipi. Situs ini sangat cocok bagi Anda yang sedang mencari buku referensi untuk melengkapi tugas kuliah atau skripsi.

Situs yang dikelola oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ini menyediakan ribuan buku elektronik yang bisa diunduh secara gratis.

6. Guetenberg

Guetenberg adalah perpustakaan online yang menyediakan lebih dari 60 ribu buku elektronik.

Untuk membaca buku disitus ini, Anda bisa memilih format epub gratis atau melalui Kindle. Selain itu, Anda juga dapat mengunduh atau membacanya langsung secara online.

7. Indonesia Ebook

Situs Indonesia Ebook menyediakan berbagai macam novel dalam negeri dan terjemahan yang bisa Anda unduh atau download secara gratis.

Selain menawarkan beragam novel, situs ini juga berisi buku-buku fiksi dan non-fiksi dalam format digital lain. Bila Anda jeli, di antara berbagai tulisan juga ada buku best -seller yang terkenal di pasaran.

Demikian informasi tentang situs downlod buku gratis. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.