Bagikan:

YOGYAKARTA – Kucing dikenal sebagai hewan peliharaan yang mandiri. Mereka mampu menjaga dirinya dengan cukup baik. Namun, untuk kucing liar tetap membutuhkan perhatian karena mereka tak memiliki rumah pelindung, bahkan bisa kedinginan saat di luar ruangan dan suhu udara dingin.

Kucing memiliki mantel bulu yang menjaga mereka tetap hangat. Tetapi kalau suhu udara sangat dingin, mereka membutuhkan bantuan untuk tetap bertahan hidup. Selama ribuan tahun, kucing dengan setiap bentuk dan ukuran, mampu bertahan dari suhu ekstrim. Baik panas maupun suhu rendah yang ekstrim, mereka memiliki keterampilan beradaptasi, berkembang, dan naluri bertahan hidup yang luar biasa.

Tidak ada suhu khusus yang terlalu dingin untuk kucing karena ada sejumlah faktor yang akan memengaruhi cara mereka menangani hawa dingin. Segala sesuatu mulai dari kesehatan, berat, usia, dan ketebalan bulu kucing adalah semua elemen yang dapat menentukan seberapa baik ia dapat bertahan dalam cuaca yang sangat dingin. Namun, suhu di bawah 7 derajat Celsius dianggap berbahaya bagi Sebagian besar kucing. Selain berisiko hipotermia, kucing juga menurun ketahanan tubuhnya.

cara memberi tempat hangat untuk kucing yang kedinginan
Ilustrasi cara memberi tempat hangat untuk kucing yang kedinginan (Freepik/wirestock)

Sebagian besar kucing, bisa tetap menjaga tubuhnya tetap hangat dengan menemukan tempat kecil yang nyaman untuk tidur meringkuk. Posisi ini dilakukan kucing untuk mempertahankan banyak panas tubuhnya. Mungkin mereka memilih bawah mobil atau ruangan tak terduga seperti garasi, gudang, atau lumbung untuk berlindung.

1. Memberikan tempat berlindung untuk kucing

Membuat tempat berlindung kecil untuk kucing liar adalah cara bagus untuk tidak hanya menyelamatkan hidup kucing kecil. Ini juga membantu mereka menjaga kehangatan. Anda bisa membuat rumah-rumahan kecil yang dibuat sendiri. Ini popular disebut sebagai wadah penyimpanan luar ruangan dengan penutup diatasnya.

2. Awasi tempat berlindung kucing

Secara berkala, bersihkan tempat penampungan dan memastikannya bersih serta kering. Ganti tempat yang basah dan kotor, serta pastikan pintu masuk bersih dari salju atau air menggenang. Jangan sampai kucing terjebak di dalamnya.

3. Sediakan makanan dan air

Menyiapkan makanan ekstra untuk kucing luar ruangan akan sangat membantu. Makanan dan air benar-benar berarti bagi mereka. Beberapa orang merekomendasikan untuk menggunakan makanan kucing kering karena biasanya memiliki kalori yang cukup tinggi. Kalau makanan kaleng, mungkin membeku atau tak tahan lama jika dibandingkan dengan makanan kering.

Selain makanan, kuccing harus memiliki akses ke air tawar setiap saat. Anda dapat memberikan mangkuk dan meletakkan alas. Ganti stok air minum kucing ini berkala.

cara memberi tempat hangat untuk kucing yang kedinginan
Ilustrasi cara memberi tempat hangat untuk kucing yang kedinginan (Freepik/wirestock)

4. Oleskan gel pelembap di telapak kaki kucing

Kalau Anda memiliki kucing luar ruangan, bisa mengambil langkah perlindungan untuk kaki kecil mereka. Mengutip Excited Cat, Senin, 10 Juli, agar terlindung dari bahan kimia dan garam, bisa mengoleskan sedikit pelembap bibir atau petroleum jelly pada bantalan kaki anabul yang menggemaskan. Oleskan ini sebelum mereka pergi ke luar.

Untuk peringatan, sebelum menyalakan mobil, periksa bawah mobil dan ketuk kap mobil. Banyak kucing luar dan liar yang mungkin mencari tempat hangat. Kucing mungkin meringkuk di dekat roda, jadi periksa bawah mobil Anda.

Itulah cara memberi tempat hangat untuk kucing kedinginan. Namun, apabila Anda mencurigai kucing bermasalah, atau tidak membiarkan Anda mendekatinya, bisa menghubungi pihak tertentu yang terbiasa me-rescue kucing liar.