Bagikan:

JAKARTA - Melakukan perjalanan dengan pesawat terbang memang terbilang efisien karena Anda akan menghemat waktu untuk sampai di kota atau negara tujuan. Bila dibanding jalur darat dan laut, tentunya memilih bepergian dengan pesawat hanya butuh waktu tempuh lebih sedikit. 

Namun, ada hal unik yang terjadi pada tubuh Anda saat terbang dengan pesawat. Adanya perubahan ketinggian dan tekanan dalam kabin memberikan dampak tertentu pada tubuh. 

Berikut hal-hal aneh, namun cukup umum, yang dirasakan tubuh sepanjang perjalanan dengan pesawat: 

Dehidrasi 

Sepanjang perjalanan, tubuh mengalami dehidrasi dan ini normal terjadi. Anda akan merasa sering haus dan kulit terasa lebih kering. 

Dalam perjalanan singkat sekitar tiga jam saja, tubuh bisa kehilangan 1,5 liter air. Tak heran bila pramugari sering berjalan-jalan selama pernerbangan untuk menawarkan air minum pada penumpang. 

Untuk mengatasinya, jangan lupa untuk selalu minum secara berkala sebelum dan selama penerbangan. Ditambah lagi, aplikasikan pelembap selama perjalanan agar kulit tidak dehidrasi. 

BACA JUGA:


Sakit telinga

Kebanyakan orang pasti pernah mengalami telinga terasa sakit selama penerbangan. Bahkan, bisa ditambah sakit kepala. Jika naik pesawat dalam kondisi flu dan infeksi sinus, rasa sakitnya bisa lebih parah. 

Sebaiknya memang tidak disarankan terbang, terutama jarak jauh, saat sedang sakit. Namun, bila memang harus bepergian, cobalah mengunyah permen karet selama penerbangan untuk mengurangi rasa sakit. 

Kelelahan 

Kadar oksigen 75 persen lebih rendah saat Anda berada di dalam pesawat. Inilah yang menjadi penyebab Anda merasa lelah dan seringkali kesulitan bernapas. Biasanya juga disertai rasa kantuk dan kepala pusing. 

Kaki bengkak 

Duduk berjam-jam di kursi pesawat selama penerbangan panjang dapat membuat kaki cepat lelah, pegal, dan bengkak. Ini karena Anda tentunya tidak bergerak cukup lama dan ada kemungkinan cairan menumpuk di kaki. 

Memang ini tidak seserius pembekuan darah atau sesuatu yang mengancam nyawa. Namun, ketidaknyamanan di kaki ini terasa kurang menyenangkan. Anda tentu tak ingin turun pesawat dalam keadaan kaki membengkak, bukan?