Tips Mengajarkan Anak Puasa Sejak Dini ala Shireen Sungkar
Shireen Sungkar (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Shireen Sungkar membagikan caranya untuk mengajarkan anak agar mau ikut berpuasa sejak dini. Tanpa dipaksa, anak harus diajarin pelan-pelan.

“Sebenarnya kalau ngenalin anak puasa itu harus pelan-pelan sih ya. Nggak bisa dipaksa. Karena memang sebenarnya kan belum wajib juga kalau anak-anak ya. Jadi aku sih, sepengalaman aku, aku bikin rutinitas yang beda sama bulan lainnya yang bikin mereka kangen sama bulan Ramadhan,” ujar Shireen dikutip dari ANTARA, Senin, 20 Maret.

“Lebih diperkenalkan kayak bukan sesuatu yang harus ini itu. Tapi lebih sesuai sama umurnya saja. Dikasih tahu kenapa berpuasa, kasih tahu yang senangnya. Misal ‘Masya Allah loh, Allah itu baik banget. Kita harus bersyukur’ dan sebagainya. Jadi anak lebih senang. Bukan sesuatu yang kayak ‘Nanti kalau nggak puasa nanti kena ini loh’ gitu. Dibawa senang suasananya,” imbuhnya.

Demi bisa mendampingi anak-anaknya dalam berpuasa, Shireen pun memilih untuk tak mengambil banyak pekerjaan. Dengan demikian, dia pun bisa meluangkan waktu untuk menciptakan momen spesial bersama keluarga.

“Menjelang buka puasa, itu aku suka banget bikin sesuatu sama anak-anak sebenarnya. Karena itu kayak momen yang nggak keulang ketika mereka sudah besar, dan itu mereka happy banget dari tahun ke tahun walau adiknya belum mulai puasa,” kata Shireen.

“Itu momen rutinitas yang mau aku bangun. Makanya selalu aku bilang Ramadhan aku nggak mau terlalu full. Karena momen buka puasa itu jangan sampai hilang gitu saja,” tambahnya.

Selain membangun momen spesial bersama anak, Shireen juga mempunyai cara lain untuk mengenalkan puasa pada anak-anaknya. Meskipun tak ikut berpuasa, Shireen mengatakan bahwa dia tetap membangunkan anaknya ikut sahur bersama-sama.

“Walaupun mereka belum ikut puasa, tapi sahur aku tetap ikut bangunin. Supaya mereka sama sahur itu bukan sesuatu yang malas tapi fun gitu. Makanya ya harus didukung dengan masak makanan yang menarik juga. Jadi bikin sesuatu yang spesial mulai dari suasana rumah sampai makanannya,” cerita dia.