Cukup dengan Satu Langkah, Begini Cara Mengatur Suasana Hati Agar Lebih Bahagia
Ilustrasi cara mengatur suasana hati agar lebih bahagia (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Suasana hati dapat memengaruhi kesejahteraan hidup seseorang. Jadi bagaimana kalau sedang cemas, khawatir, gelisah, dan tertekan? Seorang dokter dan penulis yang berspesialisasi pada pengobatan holistik, integratif, dan pikiran-tubuh merekomendasikan kategori persepsi untuk membalik suasana hati negatif berubah lebih bahagia dan tenang.

Chris Gilbert, MD., Ph.D., menceritakan suasana hatinya yang depresi dan stres sebelum berkunjung ke rumah ibunya. Ia harus terbang dari California ke Prancis. Ini adalah agenda rutin dua tahun sekali untuk mengunjungi ibunya selama tiga minggu. Untuk mengubah pikiran negatif, Gilbert berkonsultasi dengan suaminya. Saran tidak berhasil ketika muncul gagasan untuk menyibukkan diri dengan hal-hal menyenangkan di Prancis. Tetapi gagasan membayangkan 20 tahun ke depan, ternyata dapat mengubah sudut pandang negatif lebih positif.

Sudut pandang yang berbeda ini, disebut persepsi kategori yang mana menggambarkan fakta bahwa otak menempatkan sesuatu berdasarkan kategori. Karena otak hanya bisa fokus pada satu kategori satu watktu, maka tergantung kategori mana yang dipilih. Nah, saat menempatkan masalah pun juga masuk dalam ketegori tersebut. Dengan memilih kategori, maka sikat terhadap masalah akan berbeda.

cara mengatur suasana hati agar lebih bahagia
Ilustrasi cara mengatur suasana hati agar lebih bahagia (Freepik/cookie_studio)

Gambaran mudahnya, menurut Gilber dilansir Psychology Today, Selasa, 7 Februari, seperti gambar hologram. Yang mana setiap sisi memiliki persepsi yang berbeda sehingga apa yang Anda lihat, apa yang Anda rasakan, dan apa yang Anda lakukan akan bergantung pada bagaimana Anda mengkategorikan gambar tersebut.

Anda juga dapat melakukan hal yang sama dalam kebanyakan situasi. Situasi yang sama dapat dilihat dari sudut negatif yang memicu kecemasan atau depresi, atau dari sudut positif, memicu perasaan bahagia. Ini akan menjadi persepsi emosional yang berbeda tergantung pada kategori mana Anda menempatkan situasi tersebut.

Dalam tinjauan yang dipublikasikan di WIRE's Cognitive Science, Gladstone dan Hendrickson mempelajari pengaruh persepsi kategoris dalam entitas wicara dan visual dan menyimpulkan bahwa "orang mengatur dunia mereka ke dalam kategori yang, pada gilirannya, mengubah penampilan dunia yang dirasakan ini." Tetapi suasana hati kita juga dapat memengaruhi kategori mana kita menempatkan situasi tersebut.

Jadi, kunci menemukan suasana yang bahagia adalah temukan alasan untuk melihat segala sesuatu dari sudut positif dalam apa yang saya sebut "menekan tombol positif", yang lebih mudah jika dilakukan sebelum berputar jauh ke bawah dan menjadi terlalu tertekan.

Terkait