Grup K-pop yang Debut dan Populer di Tahun 2020
Aespa (Twitter @aespa_official)

Bagikan:

JAKARTA - K-pop makin menunjukan taringnya di scene musik dunia. Pencapaian BTS dan BLACKPINK yang menembus panggung Grammy dan Coachella, grup K-pop jadi punya potensi lebih untuk dikenal.

Tahun ini, banyak grup K-pop yang melakukan debut. Meski demikian, bukan berarti mereka tidak bisa maksimal. Segala persiapan dilakukan. Tantangan yang menghadang juga tidak melemahkan semangat mereka untuk berkarya. Untuk itu,  VOI memilih lima grup K-pop yang sukses dalam debut mereka di tahun 2020. Siapa saja? Berikut daftarnya.

aespa

Grup wanita terbaru dari SM Entertainment ini banyak dinantikan penggemar K-pop. Menggabungkan konsep virtual dengan dunia nyata, aespa yang terdiri dari empat anggota ini menyihir pendengar dengan lagu Black Mamba. Hasilnya? Video musik lagu ini ditonton 89 juta kali dalam sebulan, julukan Best Rookie dari Billboard Korea, dan menduduki peringkat Billboard selama tiga minggu berturut-turut.

CRAVITY

Grup terbaru dari Starship ini memiliki beberapa anggota yang merupakan alumni Produce X 101. Debut dengan lagu BREAK ALL THE RULES di bulan April, Cravity meraih 13 juta penonton, angka yang memuaskan untuk sebuah grup rookie. Album debut mereka juga terjual lebih dari 100 ribu keping. Cravity sudah meraih penghargaan New Artist Award di Soribada dan kemenangan pertama untuk lagu Flame.

Di samping itu, belum setahun berkarier, CRAVITY terpilih menjadi model brand komestik BLACKROUGE dan ambasador K-pop Star Street di kota Gwangju untuk memajukan pariwisata.

ENHYPEN

Grup pemenang kompetisi I-LAND, ENHYPEN adalah salah satu bintang bersinar di tahun 2020. Di bawah agensi Big Hit Entertainment, penggemar percaya ENHYPEN dapat mengikuti jejak kesuksesan BTS.

Given-Taken, lagu debut ENHYPEN yang dirilis pada November lalu ditonton 23 juta kali. Selain itu, album debut mereka, Border: Day One sudah dipesan 300 ribu keping sebelum dirilis.

StayC

StayC singkatan dari Star To A Young Culture, dengan harapan mereka dapat mendominasi budaya pop. Nampaknya harapan itu tercapai. Lagu debut mereka, So Bad meraih respons positif dari para kritikus. Sepuluh ribu keping album terjual di minggu pertama.

Visual mereka disebut paket komplet oleh warganet. Salah satu anggota StayC, Sieun diketahui sudah dikenal sebagai aktris melalui drama Korea dan film seperti Still 17, Mystic Pop-Up Bar, dan Golden Slumber.

Treasure

Sejak awal tahun, YG Entertainment menggoda penggemar dengan sejumlah video cover dan lagu yang dirilis Treasure. Menjelang debut, Ye-dam melepas lagu solo berjudul WAYO yang ditulis oleh Seungyoon WINNER dan Chanhyuk AKMU.

Tahun ini mereka merilis tiga lagu utama, BOY, I Love You, dan Mmm. Seluruh lagu Treasure menempati peringkat musik Korea Selatan dan internasional serta ditonton lebih dari puluhan juta kali. Secara keseluruhan, 710 ribu keping telah terjual untuk tiga album single ini. Treasure juga meraih Rookie of the Year dari Asia Artist Awards 2020.