Mengintip Istana Wong Sintinx, Ruma Ki Joko Bodo yang Disulap Jadi Masjid
Istana Wong Sinting (IST)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Mantan paranormal Ki Joko Bodo meninggal dunia pada Selasa, 22 November 2022. Salah satu yang melekat dan diingat dari sosok Ki Joko Bodo adalah rumahnya yang megah dan bernuansa mistis. Rumah yang terletak di kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur itu diberi nama Istana Wong Sintinx

Istana Wong Sintinx Jadi Peninggalan yang Legendaris

Bisa dibilang, Istana Wong Sintinx adalah kediaman yang sangat unik. Bagaimana tidak, gerbangnya saja seperti pintu masuk pura. Selain itu, rumah yang terdiri dari empat lantai itu juga dikelilingi tembok setinggi satu meter bercat merah bata.

Dibangun di atas tanah seluas 2.000 meter persegi, Istana Wong Sintinx memiliki empat anak tangga menuju beranda. Bagian terasnya ditopang dua tiang berdiameter sekitar dua meter degan tinggi lebih dari tujuh meter.

Di bagian atasnya terdapat ukiran dua patung ular naga di sebelah kiri dan kanan. Sementara di bagian tengahnya, ada arca burung hantu dengan sayap terkepak.

Jika dilihat lebih seksama, arca burung hantu itu seolah menatap nanar para tamu yang berkunjung. Oleh sebab itu, tak heran jika kediaman Ki Joko Bodo dianggap memiliki nuansa mistis yang kental.

Bangunan utama Istana Wong Sintinx memiliki atap lia dan tersusun rapi mirip pagoda. Di dalam kompleks terdapat dua candi, yakni Candi Meru dan Candi Kubra. Dua buah candi tersebut dibuat dari bebatuan gunung merapi.

Menurut pemilik nama asli Agus Yulianto itu, bangunan candi yang ada di rumahnya terinspirasi dari Bali.

 “Ilhamnya dari Bali ya, kalau di Bali itu kan Candi Meru tingkatannya ada sembilan atau 10,” ungkap Ki Joko Bodo dalam sebuah tayangan YouTube yang diunggah dua tahun lalu.

Selain terdapat candi, di dalam kompleks Istana Wong Sinting juga terdapat goa yang terletak 10 meter di bawah istana.

Istana Wong Sintinx
Istana Wong Sintinx (Tangkapan Layar YouTube)

Rumah yang ditaksir sekitar Rp20 miliar itu dibangun Joko Bodo sejak 1996. Dana untuk membangun Istana Wong Sinting diambil dari Honor yang ia dapat ketika menjadi bintang tamu di program televisi swasta.

Istana Wong Sintinx Disulap Jadi Masjid

Istana Wong Sintinx milik almarhum Ki Joko Bodo sampai saat ini masih berdiri kokoh. Akan tetapi fungsinya telah berubah menjadi masjid.

“Rumahku sudah aku wakafkan untuk masjid yang di sana, yang buat praktik (dukun) dulu itu,” kata Ki Joko Bodo dalam sebuah tayangan YouTube yang diunggah 7 Oktober 2018 silam.

Diketahui, di masa-masa akhir hidupnya, Ki Joko Bodo memutuskan untuk berhijrah dan meninggalkan profesinya sebagai paranormal dan hal-hal yang berkaitan dengan misitis.

Sebelum meninggal, Ki Joko Bodo mendalami ilmu agama Islam yang dianutnya, serta berusaha rajin ibadah.

Bahkan, sesaat sebelum Ki Joko Bodo menghembuskan napas terakhirnya, ia sempat menjalankan ibadah salat.

"Saya menjadi saksi, bahwa saat adzan tiba, almarhum langsung berada di mushola untuk melaksanakan salat," kata rekan Ki Joko Bodo, Ki Pranawa Lewu, menyadur VOI, Selasa, November 2022.

Demikian informasi seputar Istana Wong Sinting milik Ki Joko Bodo yang kini disulap jadi masjid.