Kulit Siku Kering, Pahami 7 Kiat Mengatasinya agar Kembali Lembab
Ilustrasi (Lucaxx Freire/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Area siku memang lebih mudah mengalami kekeringan jika dibandingkan dengan area tubuh lainnya. Hal ini disebabkan oleh tebalnya kulit pada area siku karena harus mampu menahan gerakan peregangan secara konstan. Selain itu, kelenjar minyak pada area siku juga lebih sedikit sehingga bagian ini cenderung lebih mudah kering jika dibandingkan dengan area kulit lainnya.

Selain akibat ketebalan kulit dan minimnya kelenjar minyak pada siku, ada beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan siku kering. Di antaranya adalah gesekan antara kulit dan pakaian, dehidrasi, kebiasaan merokok, perubahan hormon, dan penyakit kulit eczema. 

Memang tidak ada kondisi kesehatan parah yang dapat diakibatkan oleh kondisi ini. Hanya saja, siku kering sering dianggap mengganggu karena tampilannya yang terlihat gelap dan kusam. Bahkan jika didiamkan, kondisi yang terlalu kering bisa menimbulkan rasa sakit atau perih. Anda bisa merawat siku kering dengan kiat berikut ini.

Aplikasikan produk pelembab saat siku dalam keadaan basah

Alicia Zalka, MD, dermatolog bersertifikat melansir Byrdie, Selasa, 6 September mengatakan bahwa aplikasikan produk pelembab seperti lotion atau body butter. Pada siku dalam keadaan basah mungkin terdengar tak masuk akal. Tapi hal ini dapat membantu mengunci kelembapan dan memperkuat kerja skin barrier yang berfungsi menyembuhkan dan merawat kulit siku kering.

Pexels/Ron Lach

Pilih produk dengan konsistensi lebih kental

Anda mungkin bisa memilih produk perawatan dengan konsistensi ringan untuk kulit wajah. Namun untuk siku, perlu memilih krim dengan formula yang lebih kental atau tebal. Sehingga dapat membentuk lapisan pelindung kulit yang dapat membantu menjaga kelembapan siku.

Hindari terlalu sering mandi dengan air hangat

Mandi air hangat punya banyak manfaat bagi tubuh. Namun, jika terlalu sering dilakukan justru dapat membahayakan kulit terutama bagian siku. Sandy Skotnicki, MD yang juga seorang dermatolog mengatakan bahwa kulit siku akan semakin kering saat Anda mandi air hangat. Oleh karena itu, saat kondisi siku Anda sedang kering hindari mandi air hangat untuk sementara waktu.

Gunakan pembersih ringan

Hal lain yang perlu diingat saat mandi yaitu sabun pembersih. Gunakan pembersih yang ringan dan tidak membuat kulit siku kering. Selain itu, jika siku Anda tidak kotor  maka Anda tidak perlu membersihkan area tersebut sama sekali. Bagaimanapun, membersihkan secara berlebihan merupakan cara lain untuk membuat kulit semakin kering.

Oleskan petroleum jelly sebelum tidur malam

Melakukan rutinitas perawatan kulit malam hari dengan mengoleskan petroleum jelly pada siku dapat membuat perbedaan besar. Rasakan sensasi kulit siku yang lebih lembab saat Anda bangun keesokan harinya. Oleskan produk petroleum jelly pilihan Anda semalaman dan lindungi siku Anda dengan mengenakan baju lengan panjang. Untuk mengoptimalkan kerja salep pada kulit dan memperbaiki pelindung kulit saat Anda tidur.

Rutin eksfoliasi

Kulit siku juga membutuhkan eksfoliasi rutin. Anda bisa melakukan eksfoliasi kulit siku saat mandi sebanyak 2-3 kali seminggu menggunakan loofah, pumice, atau exfoliating scrub. Eksfoliasi dapat membantu mengangkat tumpukan sel kulit mati dan membuat siku menjadi terlihat sehat, cerah, dan halus. Sesudah melakukan eksfoliasi, jangan lupa untuk segera mengaplikasikan pelembab pada siku.

Jangan terlalu menekan siku

Cara Anda merawat siku di luar rutinitas perawatan kulit juga penting. Cobalah untuk tidak bertumpu pada siku saat bekerja, mengemudi, atau menonton televisi. “Semakin banyak tekanan yang Anda berikan ke area tersebut, semakin tebal kulit yang akan menjadi pertahanan.