The Panturas Buka Era Baru dengan <i>Balada Semburan Naga</i>
The Panturas (Los Panturas Ent)

Bagikan:

JAKARTA - Band independen asal Bandung, The Panturas, segera merilis album kedua mereka. Mereka memulainya dengan melepas lagu Balada Semburan Naga pada Jumat, 13 November 2020.

Band surf rock ini mengandalkan garage rock ala tahun 60-an yang dipadukan dengan lirik nyeleneh. Di tengah lagu, The Panturas menyelipkan musik seperti film kung fu Mandarin menambah keseruan dalam lagu ini.

Balada Semburan Naga menceritakan seorang pria bernama Topan yang meminta izin berkencan kepada orang tua sang wanita. Tapi, orang tuanya malah menyindir karena status sosial sang pria. Kedua orang tersebut pun bertengkar dan saling mencaci maki satu sama lain.

Liriknya yang jenaka dibuat seperti celotehan ala Betawi. Video musik yang dirilis The Panturas juga menampilkan sisi eksentrik dengan dominasi warna merah seperti judulnya, Balada Semburan Naga.

“Kami lebih mengeksplorasi corak suara yang aneh di sini. Tidak lagi cuma empat orang yang memainkan gitar, bas dan drum, tapi mulai berani menggunakan instrumen lain seperti kibord, tehyan (biola Betawi) dan synthesizer. Semuanya bisa terlaksana dengan matang berkat produser Lafa Pratomo,”ujar pemain bas Bagus ‘Gogon’ Patria dilansir dari rilis pers yang VOI terima.

Jika sebelumnya mereka mengerjakan musik secara mandiri, kali ini mereka menggaet produser demi mengeksplor musik yang lebih luas.

Dalam Balada Semburan Naga, The Panturas mengajak Adipati, vokalis The Kuda untuk menyanyikan lirik yang disuarakan karakter Topan.

Berbicara soal album kedua, The Panturas mengibaratkan sebuah kapal yang berisi banyak orang dari berbagai suku dan budaya. Musik yang hadir dalam album kedua akan lebih beragam dengan genre rockabilly, waltz, arabian, sampai melayu.

Balada Semburan Naga dari The Panturas dapat didengarkan secara digital. Simak video musiknya di bawah ini: