シェア:

YOGYAKARTA - Sebagian pengguna ponsel pernah mengalami kendala kamera hp tidak berfungsi. Kondisi ini tentunya bikin kesal sendiri karena sangat mengganggu ketika ingin mengambil foto atau video. Lantas kenapa kamera hp tidak bisa digunakan?

Ketika kamera hp tidak berfungsi, pengguna biasanya akan bingung dan langsung panik. Mungkin saat ini Anda juga mengalami masalah yang sama pada ponsel. Namun Anda perlu tenang dulu karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kamera hp tidak berfungsi. 

Kenapa Kamera Hp Tidak Bisa Digunakan?

Sebelum mempelajari cara mengatasi masalah pada kamera hp yang tidak bisa digunakan, sebaiknya pahami dulu penyebab kamera berfungsi. Kamera ponsel yang tidak bisa berjalan ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. 

Biasanya masalah kamera hp tidak berfungsi bisa disebabkan oleh adanya bug, akses kamera dinonaktifkan, aplikasi belum diberi izin memakai kamera, atau rusaknya perangkat keras kamera. Jadi sebaiknya jangan langsung panik terlebih dahulu dan berpikir untuk mengganti ponsel karena menduga kamera rusak.

Cara mengatasi Kamera Hp Tidak Bisa Digunakan

Daripada hanya kesal sendiri pada ponsel Anda karena kamera tidak bisa digunakan. Sebaiknya lakukan untuk beberapa cara di bawah ini untuk mengatasi kamera ponsel yang tidak berfungsi:

Hentikan Aplikasi Kamera

Cobalah menutup aplikasi kamera atau aplikasi lain yang mengalami masalah. Jika langkah menutup aplikasi tidak berhasil, tekan lama ikon aplikasi hingga muncul informasi kecil dan pilih "Paksa berhenti" atau "Force stop”. 

Aktifkan Akses Kamera

Di ponselmu mungkin ada opsi untuk mengaktifkan izin akses kamera. Jika izin ini dimatikan, aplikasi yang menggunakan kamera hanya akan menampilkan layar hitam. Oleh karena itu, periksa pengaturan pada setiap aplikasi yang menggunakan akses kamera. Jika izin akses kamera nonaktif, geser toggle untuk mengaktifkannya.

Update Aplikasi

Cara lain adalah dengan memperbarui aplikasi yang mengalami masalah dengan kameranya. Selain itu, perbarui juga aplikasi lain yang menggunakan kamera seperti Instagram, TikTok, WhatsApp, dan sebagainya.

Ketuk Kamera Ponsel

Beberapa orang berhasil mengatasi masalah kamera tidak berfungsi dengan mengetuk atau memukul bagian belakang ponsel secara perlahan beberapa kali. Namun metode ini hanya solusi sementara, bukan jangka panjang.

Coba Restart Perangkat

Cobalah melakukan restart atau menyalakan ulang perangkatmu. Biasanya tindakan restart ini bisa membantu mengatasi crash pada perangkat lunak dan memulihkan fungsi kamera.

Bersihkan Ruang Penyimpanan

Ruang penyimpanan atau kapasitas memori yang penuh bisa menyebabkan masalah ketika mengambil foto atau mereka dengan kamera. Jika tidak ada cukup ruang penyimpanan untuk gambar, kamera ponsel tidak akan berfungsi. Oleh karena itu, kosongkan ruang penyimpanan untuk mengatasi masalah tersebut.

Apabila aplikasi macet atau mogok saat membuka atau mengambil foto, kemungkinan besar ponsel Anda kehabisan memori. Jadi jika kamu menggunakan aplikasi lain bersamaan dengan aplikasi kamera, tutuplah aplikasi lainnya sementara waktu.

Mengganti Aplikasi Kamera Hp

Aplikasi kamera tidak hanya tersedia dari versi bawaan ponsel saja. Ada banyak aplikasi kamera di Play Store yang bisa kamu unduh dan gunakan. Bahkan beberapa di antaranya memiliki fitur lengkap seperti menambahkan efek warna, meningkatkan resolusi dan kualitas foto, dan banyak lagi.

Demikianlah alasan kenapa kamera hp tidak bisa digunakan dan cara mengatasinya. Ketika Anda mengalami masalah tersebut, jangan langsung panik atau bersedih. Cobalah terapkan langkah-langkah di atas jika kamera hp tidak bisa berfungsi. Baca juga arti ISO di kamera Hp.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)