シェア:

JAKARTA - Liverpool melesat ke peringkat dua membayangi Aston Villa setelah menang tipis 1-0 atas RB Leipzig di pertandingan Liga Champions di Stadion Red Bull Arena, Kamis, 24 Oktober 2024 dini hari WIB. Gol tunggal Liverpool dihasilkan Darwin Nunez.

Performa gemilang ditunjukkan Liverpool di Liga Champions. Meski harus bekerja keras dan diwarnai dianulirnya dua gol Leipzig dan sejumlah penyelamatan gemilang dari kiper Caoimhin Kelleher yang menggantikan Alisson Becker, Liverpool memetik kemenangan ketiga yang menjadikan mereka naik ke peringkat dua.

Liverpool yang mengantungi poin sembilan menyamai perolehan poin Aston Villa. Hanya, The Villans unggul selisih gol sehingga bertengger di puncak klasemen. Dominasi klub-klub Premier League Inggris kian kuat karena Manchester City menduduki peringkat tiga setelah menghajar Sparta Praha 5-0.

Liverpool juga memperpanjang rekor mengesankan dengan selalu mencetak kemenangan dari enam pertandingan tandang di berbagai kompetisi. Ini menjadi start ekselen dari manajer anyar Arne Slot sejak menggantikan Juergen Klopp yang membawa Liverpool memetik 11 kemenangan dari 12 pertandingan pertama mereka.

Tidak ada pendahuu Slot yang mampu melakukannya sehingga Liverpool sukses menempati peringkat pertama di Liga Premier dan menduduki posisi kedua dari 36 tim di Liga Champions

Bila Liverpool berhasil memperbaiki posisi setelah meraih kemenangan penting itu, sebaliknya Leipzig tertahan di papan bawah. Klub Bundesliga Jerman ini belum meraih poin karena selalu menelan kekalahan dari tiga laga pertama sehingga mereka menduduki peringkat 31.

Di pertandingan itu, Leipzig sesungguhnya mengawalinya dengan baik. Permainan ofensif mereka menjadikan Liverpool berada dalam tekanan. Bahkan tuan rumah sempat unggul melalui Lois Openda. Namun gol itu dianulir karena dia dalam posisi offside sebelum membobol gawang Liverpool lewat tendangan jarak jauh.

Meski mendapat tekanan, namun Liverpool sesungguhnya unggul dalam penguasaan bola. Ini yang menjadikan mereka bisa mengatasi pressing tinggi tuan rumah. Tak hanya itu, The Reds pun sukses mencuri gol saat Nunez mencetak gol di menit 27.

Gol berawal dari serangan yang dibangun Liverpool dan berakhir dengan sundulan Mohamed Salah yang mengarah ke gawang. Saat kiper Peter Gulacsi sudah mati langkah, bola yang sudah hampir masuk gawang kemudian diteruskan Nunez yang memastikan terciptanya gol.

Unggul 1-0 menjadikan Liverpool kian agresif menekan lawan. Apalagi, mereka berhasil mempertahankan keunggulan dalam ball possession. Liverpool pun berpeluang menambah gol saat Nunez yang menggantikan Diogo Jota yang absen karena cedera dijatuhkan Willi Orban di kotak penalti.

Namun wasit membiarkan insiden tersebut. Tidak ada penalti untuk Liverpool. Keunggulan satu gol The Pool pun bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Liverpool tetap menguasai permainan. Hanya saja, serangan mereka selalu kandas. Peluang bagus diperoleh gelandang Alexis Mac Allister. Namun tendangan dia masih membentur tiang gawang.

Memasuki bagian akhir pertandingan, Leipzig berbalik menekan dan menciptakan sejumlah peluang yang bisa menggagalkan kemenangan Liverpool. Namun Kelleher menunjukkan penampilan terbaik dengan menggagalkan peluang dari Benjamin Sesko yang memanfaatkan kesalahan Ibrahima Konate.

Selanjutnya, Kelleher secara gemilang menepis tendangan Xavi Simons. Peluang terakhir diperoleh Openda yang membobol gawang Liverpool di menit 84.

Hanya, lagi-lagi usaha dia gagal. Saat wasit meninjau golnya lewat VAR, Openda dinilai dalam posisi offside sehingga gol tersebut dibatalkan. Skor 1-0 untuk Liverpool bertahan hingga laga usai.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)