シェア:

JAKARTA - Spanyol yang bermain dengan 10 orang sejak menit 20 justru menghajar Swiss 4-1 di pertandingan League Grup 4 di Stadion de Geneve, Jenewa, Senin, 9 September 2024 dini hari WIB.

Spanyol menunjukkan penampilan terbaik pada laga kedua Nations League. Kembali bermain di kandang lawan, Spanyol tak kesulitan mengatasi Swiss.

Di laga tersebut, Spanyol sesungguhnya terpaksa kehilangan seorang pemain setelah bek Robin Le Normand melakukan pelanggaran terhadap Breel Embolo di menit 20. Pelanggaran berat yang dilakukan bek Atletico Madrid ini menjadikan dia langsung mendapat kartu merah.

Meski demikian, tim asuhan Luis de la Fuente tetap bermain dengan tempo tinggi sehingga menyulitkan Swiss mengejar ketinggalan. Apalagi, La Roja sudah unggul 2-0 saat ditinggalkan Le Normand.

Ya, Spanyol langsung menggebrak pertahanan Swiss. Hasilnya gol cepat diperoleh juara Euro 2024 ini setelah Joselu membobol gawang Swiss saat laga baru berjalan empat menit. Dirinya berhasil menyelesaikan assist dari Lamine Yamal.

Swiss berusaha bangkit. Tak lama berselang, tuan rumah memang sempat menyamakan skor. Hanya gol yang diciptakan Becir Omeragic di menit ketujuh dianulir wasit. Pasalnya gelandang Remo Freuler melakukan pelanggaran yaitu menyentuh bola dengan tangan dalam proses terciptanya gol itu.

Selanjutnya, Spanyol justru berhasil memperbesar keunggulan. Kali ini gelandang Fabian Ruiz yang memanfaatkan bola rebound di menit 13.

Berawal dari tendangan pemain sayap Nico Williams yang bisa digagalkan kiper Gregor Kobel. Hanya bola tak bisa diamankan kiper. Buntutnya bola muntah langsung disambar Ruiz,

Dalam posisi unggul 2-0, Spanyol kehilangan seorang pemain. Le Normand harus meninggalkan menyusul pelanggaran terhadap Embolo. Swiss pun mendapat tendangan bebas atas pelanggaran tersebut.

Striker Zeki Amdouni yang melakukan eksekusi nyaris mencetak gol. Namun tendangan dari bola mati dia hanya melambung tipis di atas mistar gawang.

Unggul jumlah pemain sempat membantu Swiss mengejar ketinggalan. Di menit 41, Amdouni akhirnya mencetak gol bagi Swiss. Dirinya menuntaskan assist dari Embolo. Skor berubah menjadi 2-1 dan bertahan sampai turun minum.

Memasuki babak kedua, Spanyol berhasil mengatasi kesulitan bermain dengan 10 orang. Mereka tetap tampil solid dan menutup setiap celah yang memungkinkan lawan berkembang.

Swiss sesungguhnya berusaha mengejar defisit gol. Namun Manuel Akanji dkk tak mampu memanfatkan peluang meski mereka unggul dalam penguasaan bola. Pertahanan kokoh dan penampilan ciamik dari kiper David Raya menjadikan Swiss tak bisa menambah gol.

Sebaliknya Spanyol berhasil memperbesar keunggulan. Ruiz mencetak gol keduanya d menit 77. Gol ini berawal dari umpan silang Ferran Torres yang kemudian dituntaskan Ruiz untuk mengubah skor menjadi 3-1.

Di menit 80, giliran Torres yang mencatatkan nama di papan skor. Kali ini, dia menyelesaikan assist dari Joselu yang membawa Spanyol unggul 4-1. Skor itu bertahan sampai akhir laga.

Kemenangan pertama dari juara bertahan setelah ditahan Serbia 0-0 di laga sebelumnya menjadikan Spanyol mengantungi poin empat. Mereka pun menduduki peringkat dua.

Sedangkan Denmark yang memiliki poin enam bertengger di puncak klasemen setelah menang 2-0 atas Serbia.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)