シェア:

JAKARTA - Manchester United belum siap mengarungi musim anyar. Manajer Erik ten Hag mengeluarkan pernyataan mengejutkan sekaligus peringatan MU menjelang laga perdana Premier League Inggris melawan Fulham di Stadion Old Trafford, Sabtu, 17 Agustus 2024 dini hari WIB.

Siap atau tidak siap, MU harus melakoni laga perdana. Bagaimana tidak, MU menjadi klub tersibuk menjelang bergulirnya kompetisi Liga Inggris. Sembari melakoni tur pramusim, MU tak berhenti berburu pemain.

Usaha raksasa Liga Premier ini memang lumayan berhasil. Dengan pembatasan usia pemain yang direkrut, MU menggaet bek Lille Leny Yoro. Sebelumnya, striker Joshua Zirkzee yang tengah memperkuat Belanda di Euro 2024, diboyong dari Bologna.

MU juga memborong duo bek Bayern Munchen, Matthijs de Ligt dan Noussair Mazraoui. Hanya, Ten Hag masih berharap mendapatkan pemain tengah untuk melapis Casemiro dan diharapkan bisa menjadi tandem gelandang muda Kobbie Mainoo.

Di tengah kesibukan dengan persiapan yang menjadikan MU 'sebagai tetangga yang gaduh' bagi juara bertahan Manchester City, Ten Hag harus menghadapi kenyataan pahit. Yoro, bek harapan anyar MU, mengalami cedera kaki yang membuat dia harus menepi selama tiga bulan. Yoro pun terpaksa menunda debut bersama The Red Devils.

Selain Yoro, striker Rasmus Hojlund mengalami cedera hamstring. Dirinya pun harus beristirahat selama enam pekan sehingga Zirkzee bakal langsung menjadi andalan saat MU menjamu Fulham.

Hanya bila Ten Hag tidak menjadikan Zirkzee sebagai starter, kapten Bruno Fernandes akan kembali berperan sebagai false 9. Strategi itu yang diterapkan Ten Hag saat menghadapi Man City di Community Shield. Meski kalah adu penalti, namun strategi itu berjalan cukup mulus sehingga Ten Hag kemungkinan menerapkannya di laga pembukaan.

Perubahan komposisi pemain terpaksa dilakukan Ten Hag. Ini yang menjadikan dirinya mengaku bila tim belum sepenuhnya siap menghadapi musim baru. MU hanya melakoni serangkaian uji coba yang singkat di Amerika Serikat.

Dirinya juga masih harus menunggu para pemain Argentina, Lisandro Martinez dan Alejandro Garnacho yang berlaga di Copa America 2024. Begitu pula mereka yang tampil di Euro 2024. Ini yang menjadikan Ten Hag hanya memiliki waktu pendek mematangkan persiapan tim.

"Ini jelas bukan pramusim karena kami hanya memiliki waktu lima hingga enam pekan mempersiapkan tim. Ini bukan perkara gampang karena kami harus memadukan pemain lama dan mereka yang datang," ucap Ten Hag seperti dikutip The Sun.

"Skuat mengikuti tur ke AS. Lalu mereka yang bermain di Euro dan Copa America baru bergabung bersama pemain baru. Kami harus bekerja keras memadukan mereka," ujarnya.

"Tim sesungguhnya masih belum siap. Tetapi liga sudah harus bergulir, Banyak manajer yang menghadapi problem sama. Apa pun, kami harus siap. Kami tidak bisa sembunyi dan harus menghadapinya," kata Ten Hag menegaskan.

Beruntung, MU melakukan pembelian pemain di saat yang tepat. Saat Yoro harus absen dan bek Harry Maguire belum siap tampil, MU kedatangan De Ligt dan Mazraoui yang sudah bisa langsung menjadi starter di belakang.

De Lig bakal berduet dengan Martinez di jantung pertahanan. Sedangkan Mazraoui bermain di kiri menggantikan Luke Shaw yang belum bugar usai membela Inggris di Euro 2024. Di kanan ada Diogo Dalot setelah kepergian Aaron Wan-Bissaka yang pindah ke West Ham United.

Casemiro kembali menjadi pilihan pertama untuk posisi gelandang pivotal. Dia bahu-membahu dengan Mainoo. Bila mampu menguasai central midfield, ini memudahkan Amad Diallo bersama Fernandes dan Marcus Rashford untuk menopang Zirkzee. Meski butuh penyesuaian, namun Zirkzee menjadi tumpuan MU untuk membobol gawang Fulham.

Fulham sesungguhnya bukan lawan yang bisa dianggap enteng. Bahkan The Cottagers berpeluang menciptakan kejutan dengan mengambil poin di Old Trafford.

Hanya saja, skuat Fulham sudah tak lagi sama. Klub London Barat ini ditinggalkan Tosin Adarabioyo, Joao Palhinha dan bek Tim Ream. Namun Fulham bisa mengandalkan eks gelandang MU Andreas Pereira. Klub juga mendatangkan Emile Smith Rowe dari Arsenal.

Dengan skema 4-2-3-1, manajer Marco Silva akan menempatkan Smith Rowe di belakang striker Rodrigo Muniz. Rowe akan bahu-membahu dengan Pereira dan Alex Iwobi.

Di tengah ada Sasa Lukic dan Harrison Reed di posisi double pivot. Sedangkan kuartet belakang tetap mengandalkan Timothy Castagne, Issa Diop, Calvin Bassey, dan Antonee Robinson. Mereka membentengi kiper Bernd Leno.

Prakiraan Susunan Pemain

Manchester United (4-2-3-1): Onana; Dalot, De Ligt, Martinez, Mazraoui; Casemiro, Mainoo; Amad, Fernandes, Rashford; Zirkzee

Fulham (4-2-3-1): Leno; Castagne, Diop, Bassey, Robinson; Lukic, Reed; Iwobi, Pereira, Smith Rowe; Muniz


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)