シェア:

JAKARTA - Inter Milan yang tampil sebagai juara Serie A Italia mendominasi skuat Gli Azzurri yang akan mempertahankan gelar juara di Euro 2024. Sebaliknya tidak ada satu pun pemain AC Milan yang menduduki peringkat dua musim ini.

Tidak kurang enam pemain dari Inter yang mendapat panggilan dari pelatih Luciano Spalletti. Ada empat bek yang termasuk di antara 30 pemain, Francesco Acerbi, Alessandro Bastoni, Matteo Darmian dan Federico Dimarco.

Kembalinya Darmian cukup mengejutkan karena dirinya sempat lama tak mendapat panggilan timnas. Eks full back Manchester United ini tampil konsisten dan berperan penting mengantarkan Inter kembali meraih Scudetto dan memenangi Supercopa Italiana.

Spalletti lebih memilih Darmian ketimbang kapten Milan Davide Calabria yang sudah lama pula tak mendapat panggilan timnas.

Meski membawa Milan menempati peringkat dua dan mengungguli Juventus di Serie A, namun Calabria tetap gagal masuk skuat Italia.

Kegagalan Calabria menandai tidak adanya pemain dari Rossoneri yang berlaga di Piala Eropa.

Apalagi, Milan sudah tidak lagi mendominasi sepak bola Italia seperti era 1980-1990 an dengan kemunculan Paolo Maldini, Franco Baresi, Alessandro Costacurta, Carlo Ancelotti yang kemudian diteruskan Gennaro Gattuso, Massimo Ambrosini hingga Filippo Inzaghi.

Hal yang tak bisa dihindari Milan yang lebih banyak mengandalkan pemain nonItalia selama beberapa musim terakhir. Kontras dengan Inter yang justru bertumpu kepada pemain lokal.

Milan masih kalah dengan Lazio, Torino dan bahkan Genoa yang bisa menyumbang pemain untuk timnas.

Kiper Lazio Ivan Provedel yang tampil cemerlang musim ini mendapat panggilan untuk kali pertama.

Hanya, dia harus bersaing dengan eks kiper Milan yang kini membela Paris Saint-Germain Gianluigi Donnarumma, Alex Meret (Napoli), dan kiper Tottenham Hotspur Guglielmo Vicario.

Spalletti memberi kesempatan kepada dua pemain dari klub yang diantarnya meraih Scudetto, Napoli. Striker Giacomo Raspadori kembali menghuni lini depan juara Euro 2020 ini bersama bek Giovanni Di Lorenzo.

Gelandang Galatasaray Nicolo Zaniolo dipastikan absen karena masih dalam proses pemulihan akibat cedera tulang rawan.

Ini untuk ke sekian kalinya Zaniolo tidak bisa membela Italia di turnamen besar. Pemain yang dipinjam Aston Villa ini absen di Euro 2020 karena cedera ligamen atau ACL.

Begitu pula di Piala Dunia 2022, dia pun tidak bisa tampil karena Italia gagal lolos ke Qatar. Kini, dia kembali cedera sehingga harapan ke Jerman pun pupus sudah.

Selain dia, Spalletti tidak memasukkan Manuel Locatelli dan duo veteran Domenico Berardi serta striker Cirro Immobile. Namun ada tiga debutan di tim Italia. Tidak hanya Provedel, Spalletti juga memanggil bek Bologna Riccardo Calafiori dan Michael Folorunsho (Verona).

Spalletti memanggil 30 pemain yang kemudian dipangkas menjadi 26 setelah menjalani uji coba melawan Turki, 5 Juni 2024 dan Bosnia Herzegovina, 10 Juni 2024.

Italia yang menyandang status juara bertahan berada di grup maut di Euro 2024. Masuk di Grup B, Gli Azzurri bersaing dengan tim kuat Spanyol dan Kroasia serta Albania.

Skuat Sementara Italia

Kiper: Gianluigi Donnarumma (Paris Saint Germain), Alex Meret (Napoli), Ivan Provedel (Lazio), Guglielmo Vicario (Tottenham Hotspur)

Belakang: Francesco Acerbi (Inter Milan), Alessandro Bastoni (Inter), Raoul Bellanova (Torino), Alessandro Buongiorno (Torino), Riccardo Calafiori (Bologna), Andrea Cambiaso (Juventus), Matteo Darmian (Inter), Giovanni Di Lorenzo (Napoli), Federico Dimarco (Inter), Gianluca Mancini (Roma), Giorgio Scalvini (Atalanta)

Tengah: Nicolo Barella (Inter), Bryan Cristante (Roma), Nicolo Fagioli (Juventus), Michael Folorunsho (Hellas Verona), Davide Frattesi (Inter), Jorginho (Arsenal), Lorenzo Pellegrini (Roma), Samuele Ricci (Torino)

Depan: Federico Chiesa (Juventus), Stephan El Shaarawy (Roma), Riccardo Orsolini (Bologna), Giacomo Raspadori (Napoli), Mateo Retegui (Genoa), Gianluca Scamacca (Atalanta), Mattia Zaccagni (Lazio)


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)