Uzbekistan U-23 Jadi Lawan Indonesia U-23 di Semifinal Piala Asia U-23 2024
Uzbekistan U-23 mengalahkan Arab Saudi U-23 di perempat final Piala Asia U-23 2024 (dok. AFC).

シェア:

JAKARTA - Uzbekistan U-23 memastikan langkah ke semifinal Piala Asia U-23 2024 setelah menumbangkan Arab Saudi U-23.

Laga perempat final antara Uzbekistan U-23 vs Arab Saudi U-23 di Stadion Internasional Khalifa pada Jumat, 26 April 2024, malam WIB berakhir 2-0.

Dua gol Uzbekistan U-23 disumbangkan oleh Khusayin Norchaev (45+2') dan Umarali Rakhmonaliv (84').

Kemenangan tersebut membuat Uzbekistan U-23 mempertahankan catatan positifnya di Piala Asia U-23. Ini merupakan kelolosan ke semifinal empat edisi beruntun.

Jalannya pertandingan sengit. Kedua tim bermain terbuka dengan penguasaan bola berbeda tipis.

Uzbekistan U-23 yang menguasai 48 persen bola mampu melepas sembilan tembakan, empat di antaranya tepat sasaran.

Sementara Arab Saudi U-23 menciptakan 10 tendangan, tapi hanya mampu menghasilkan satu tembakan terarah dari 52 persen penguasaan bola.

Pada awal paruh pertama, Uzbekistan U-23 kesulitan membuka peluang lantaran sang lawan menerapkan man-to-man marking.

Arab Saudi U-23 justru mendapat peluang lebih dulu pada menit ke-19 ketika Aiman Yahya mengirimkan umpan silang ke sepertiga akhir lapangan. Namun, umpannya agak terlalu tinggi untuk disambut Meshal Sibyani yang tidak terkawal.

Upaya Uzbekistan U-23 untuk mengimbangi intensitas Arab Saudi U-23 nyaris menjadi bumerang pada menit ke-41. Abdurauf Buriev melakukan pelanggaran terhadap Abdullah Radif di tepi kotak penalti. Beruntung tendangan bebas Yahya masih melebar.

Pertandingan berbalik menguntungkan Uzbekistan U-23 pada injury time babak pertama. Sapuan Rayan Hamed yang tidak sempurna dimanfaatkan Norchaev. Dia merangsek melewati bek dan kiper Mohammed Al Absi sebelum mencetak gol.

Green Falcons kembali di babak kedua dengan kegigihan yang sama demi mencari gol penyeimbang. Situasi itu membuat Uzbekistan U-23 bermain bertahan.

Namun gol penyama kedudukan terus gagal mereka raih. Mohammed Abu Al Shamat maupun Eid Al Muwallad tidak mampu melakukan tendangan jarak jauh yang tepat sasaran.

Malahan, Arab Saudi U-23 mendapat petaka pada menit ke-70 ketika Yahya mendapat kartu kuning kedua. Unggul jumlah pemain membuat Uzbekistan U-23 mulai leluasa.

Mereka mulai menekan melalui tendangan bebas Abbosbek Fayzullaev, tapi masih membentur tiang. Tim berjuluk White Wolves itu akhirnya benar-benar memupuskan harapan Arab Saudi U-23 untuk bangkit.

Pada menit ke-84 tendangan keras Buriev dari jarak jauh membuat Al Absi menepis bola ke arah Rakhmonaliev yang berdiri bebas. Dia dengan mudah menyundul bola untuk memperlebar jarak menjadi 2-0.

Skor 2-0 itu bertahan hingga laga usai. Alhasil Uzbekistan U-23 akan berjumpa Indonesia U-23 di semifinal Piala Asia U-23 2024.

Pertemuan Indonesia U-23 vs Uzbekistan U-23 akan tersaji di Stadion Abdullah bin Khalifa pada Senin, 29 April 2024.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)