Ukraina dan Polandia Lengkapi 24 Tim ke Euro 2024
Ukraina bersama Georgia dan Polandia lolos ke Euro 2024 lewat jalur play-off. (X/@EURO2024)

シェア:

JAKARTA - Ukraina dan Polandia melengkapi 24 tim yang lolos ke putaran final Euro 2024. Ukraina menyingkirkan Islandia setelah menang 2-1 pada final play-off di Stadion Miejski Wroclaw, Wroclaw, Polandia, Rabu, 27 Maret 2024, dini hari WIB.

Kemudian, Polandia harus menyelesaikan laga lewat adu penalti sebelum menang 5-4 (0-0) atas Wales di Stadion Cardiff City.

Laga final play-off berakhir dramatis. Ukraina maupun Polandia harus bekerja keras untuk menyingkirkan lawan-lawannya.

Ukraina yang menggelar pertandingan di tempat netral karena negaranya masih dilanda peperangan melawan Rusia tertinggal lebih dulu setelah Albert Gudmundsson mencetak gol pada menit ke-30. Tertinggal 0-1, Ukraina sesungguhnya mampu bangkit.

Hanya berselang 10 menit, mereka sudah bisa menyamakan kedudukan melalui Roman Yaremchuk. Namun, gol itu dianulir karena dalam posisi offside.

Ukraina akhirnya mengubah skor menjadi 1-1 saat Viktor Tsygankov mencetak gol pada menit ke-54. Kemenangan mereka lantas ditentukan lewat gol bintang Chelsea, Mykhailo Mudryk, pada menit ke-84.

Ini keempat kalinya Ukraina lolos ke putaran final Euro. Pada edisi terakhir di Euro 2020, Ukraina mampu mencapai perempat final.

Pada Euro 2024, Ukraina masuk Grup E. Oleksandr Zinchenko dan kolega akan bersaing dengan tim unggulan Belgia, Slovakia, dan Rumania.

Keberhasilan Ukraina lolos ke putaran final mendapat ucapan selamat dari Presiden Volodymyr Zelenskiy.

"Terima kasih anak-anak! Terima kasih tim! Ukraina kembali menunjukkan saat menghadapi tantangan, kami tak pernah menyerah dan terus berjuang. Mereka pantas menang," kata Zelensky lewat Telegram.

Sementara pelatih Serhiy Rebrov menuturkan kemenangan ini untuk negara, rakyat, dan mereka yang telah berjuang mempertahankan Ukraina.

"Ini kemenangan penting bagi rakyat Ukraina dan serdadu kami," kata Rebrov.

"Saya senang dengan penampilan pemain. Mereka menjalani dua pertandingan yang sulit. Sebelum dan sesudah pertandingan, kami selalu mengatakan kalau kemenangan ini untuk negara, rakyat, dan para pembela kebebasan kami. Semua tahu betapa pentingnya kemenangan ini," ucap dia lagi.

Pada final play-off lain, Polandia harus bekerja keras sebelum mengalahkan Wales yang bermain di kandang sendiri. Pada pertandingan itu, kedua tim gagal mencetak gol, termasuk saat babak perpanjangan.

Dalam adu penalti, kiper Polandia Wojciech Szczesny sukses menggagalkan penalti Daniel James yang menjadi penendang terakhir.

Polandia pun lolos ke putaran final Piala Eropa untuk kelima kalinya. Hanya saja, Polandia berada di grup maut di Euro 2024.

Bergabung di Grup D, Polandia bersaing dengan dua unggulan, Perancis dan Belanda. Sementara Austria pun tak bisa diremehkan.

"Ini pertandingan tidak mudah. Kami tahu Wales sangat berbahaya bila bermain di kandang sendiri. Namun, terpenting kami tampil dengan permainan kami sendiri. Itu yang kami lakukan," kata pelatih Michal Probierz.

Probierz menuturkan tim seharusnya tak perlu mengakhiri pertandingan lewat adu penalti. Hanya saja, mereka beberapa kali membuang peluang emas.

"Kami membuang kesempatan untuk mencetak gol. Namun, terpenting kami berhasil lolos. Tak ada masalah dengan lainnya," ujarnya.

Georgia menjadi tim lain yang juga lolos lewat play-off. Georgia membuat kejutan karena menyingkirkan Yunani 4-2 lewat adu penalti.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)