12 Pelajar Ternate Diciduk Satpol PP, Tempat Nongkrongnya Diultimatum Larangan Pengunjung Berseragam di Jam Sekolah
Satpol PP Ternate mengamankan 12 pelajar yang nongkrong di caffe saat jam belajar dan mereka diangkut dengan mobil patroli untuk dilakukan pembinaan, Rabu (28/2/2024). (ANTARA/Abdul Fatah)

シェア:

MALUT - Satpol PP Kota Ternate mengamankan 12 pelajar yang keluyuran saat jam sekolah. Mereka yang diangkut pakai mobil patroli terdiri 11 siswa SMP dan 1 SMA.

"Saat jam sekolah para siswa tersebut malah sedang asyik keluyuran dan nongkrong di salah satu kafe, dengan mengenakan seragam sekolah," kata Kasatpol PP Kota Ternate, Fhandy Mahmud di Ternate, Maluku Utara (Malut), Rabu 28 Februari, disitat Antara.

Dia mengatakan para pelajar diamankan berdasarkan laporan dari masyarakat sekitar kafe.

"Ada bukti keluhan dari masyarakat terkait aktivitas siswa yang nongkrong di jam sekolah bahkan sampai malam hari," ujarnya.

Menurut Fhandy, selain mengamankan para pelajar tersebut, pemilik kafe juga diberikan edukasi tidak boleh menerima tamu yang mengenakan seragam sekolah apapun alasannya.

"Ini penting diketahui oleh pelaku usaha agar ke depan tidak terjadi lagi hal seperti demikian," katanya.

Usai dibina para pelajar tersebut langsung dibawa ke sekolahnya masing-masing untuk dilakukan pembinaan lebih lanjut oleh pihak sekolah.

"Jika diulangi lagi maka orang tua siswa akan dipanggil dan ditindak," ucapnya.

Oleh karena itu, dirinya mengimbau kepada masyarakat agar memberikan informasi jika melihat pelajar yang berkeliaran di tempat yang tidak seharusnya mereka beraktivitas, apalagi pada saat jam sekolah.

"Saya juga punya harapan kepada para guru untuk selalu mengecek siswanya. Intinya mereka harus punya nomor wali kelas ketika wali kelas menyampaikan mereka tidak masuk sekolah maka mereka harus melakukan pencegahan," ujarnya.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)