シェア:

JAKARTA - Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mencatat perayaan pergantian tahun 2023 di DKI Jakarta menghasilkan total 74 ton sampah yang dikumpulkan dari lokasi keramaian yang tersebar di lima wilayah Kota Administrasi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto mengatakan Jumlah ini menurun 51 ton dibandingkan dua tahun sebelumnya.

“Sampah yang terkumpul pada malam perayaan pergantian tahun ini di Jakarta sebanyak 74 ton. Jumlah ini lebih kecil daripada dua tahun tahun lalu sebelum pandemi yang mencapai 125 ton,” kata Asep, dalam keterangan tertulis, Minggu, 1 Januari.

penurunan sampah tersebut terjadi, kata Asep, salah satunya karena tahun ini merupakan perayaan yang pertama setelah pandemi COVID-19.

“Ini mungkin karena perayaan pertama setelah pandemi, massa belum seramai seperti biasanya dan relatif lebih tertib,” tuturnya.

Asep mengatakan Petugas Penyedia Jasa Lainnya (PJLP) atau yang dikenal dengan #PasukanOrangeDLH melakukan penanganan sampah tepat setelah perayaan tahun baru berakhir dan tuntas pada pukul 05.00 WIB.

“Seluruh pasukan serta armada dari Dinas Lingkungan Hidup sudah dimobilisasi dalam menangani kebersihan di area perayaan tahun baru pada pukul 00.30 WIB. Alhamdulillah kita sudah selesai membersihkan Jakarta pada pukul 05.00 WIB tadi. Sesuai target,” ungkap Asep.

Sekadar informasi, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta mengerahkan 3.180 petugas kebersihan untuk menangani sampah setelah selebrasi pergantian tahun di seluruh titik keramaian massa yang tersebar di lima wilayah Kota Administrasi.

Adapun lima wilayah Kota Administrasi yakni Jakarta Pusat, Selatan, Timur, Utara dan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)