Syarat Menjadi Teller Bank dan Tugas-Tugasnya, Ingin Mendaftar?
Syarat menjadi teller bank (Freepik)

シェア:

YOGYAKARTA - Teller bank menjadi salah satu profesi yang digemari banyak orang, khususnya kaum wanita. Posisi pekerjaan ini cukup diminati karena berurusan dengan uang dan selalu tampil rapi atau good looking. Bagi Anda yang berminat meniti karier ini, maka perlu mengetahui syarat menjadi teller bank dan tanggung jawabnya. 

Teller bank bertugas untuk berinteraksi dan memberikan pelayanan langsung kepada nasabah. Profesi ini membutuhkan sejumlah keterampilan yang berkaitan dengan komunikasi dan administrasi keuangan berkaitan dengan perbankan. Jika dilihat memang pekerjaan ini cukup mudah, namun tidak semua orang bisa menjalankannya. 

Jenjang karier bagi mahasiswa yang kuliah di jurusan perbankan atau akuntansi. Namun lulusan selian jurusan itupun juga berkesempatan mendaftar posisi teller bank asalkan sesuai dengan kualifikasi yang dicari. Lantas apa saja syarat menjadi teller bank yang perlu diketahui?

Syarat Menjadi Teller Bank

Sama seperti profesi lainya, lamaran kerja teller bank juga memberlakukan sejumlah persyaratan. Sebelum masih ke sesi wawancara atau interview tahap selanjut, peserta akan dinilai dari segi kompetensi dan faktor-faktor pendukung lainnya. 

Persyaratan teller bank biasanya dicantumkan di poster pembukaan lowongan maupun di website resmi dari bank yang diincar. Namu umumnya secara garis besar, berikut ini beberapa syarat menjadi teller bank yang perlu Anda tahu:

  • Berpenampilan menarik atau goodlooking
  • Tinggi badan yang sesuai untuk perempuan minimal 155 dan laki-laki minimal 165 cm.
  • Riwayat pendidikan minimal SMA segala jurusan, tetapi ada pula bank yang mensyaratkan pendidikan minimal D-3.
  • Berusia maksimal 25–27 tahun (tergantung dari kebijakan masing-masing bank).
  • Bisa mengoperasikan komputer dengan baik, terutama Microsoft Excel dan Word.
  • Punya kemampuan komunikasi yang baik.
  • Seorang yang detail dan teliti.
  • Jujur dan bertanggung jawab.

Jenis-Jenis Teller Bank

Bagian teller bank terdiri dari beberapa jenis dengan tugas yang berbeda-beda. Berikut ini beberapa jenis teller bank yang perlu Anda kenali sebelum mendaftar profesi ini. 

Corporate teller 

Corporate teller adalah seseorang yang bertugas dalam menangani suatu transaksi perbankan dengan pihak korporat. Posisi ini akan berhubungan langsung dengan bagian keuangan suatu perusahaan.

Individual account teller 

Posisi individual account teller adalah pegawai bank yang paling sering dijumpai oleh nasabah. Seorang di posisi ini bertugas untuk melakukan transaksi nasabah secara individual. 

Foreign exchange teller

Foreign exchange teller adalah posisi yang bertugas untuk memproses setoran berupa mata uang asing. 

Local currency teller 

Posisi local currency punya tanggung jawab kebalikan dari foreign exchange teller. Seorang ini bertugas untuk memproses mata uang lokal saja. 

Express teller 

Express teller adalah posisi yang bertugas melakukan proses pembayaran tunai dengan suatu nominal tertentu dan untuk tujuan tertentu juga. 

Mixed transaction teller 

Mixed transaction teller adalah pegawai yang mengemban tugas untuk melakukan proses berbagai jenis transaksi. 

Special teller 

Special teller adalah pekerja bank yang bertugas menangani transaksi dalam jumlah besar, biasanya dari nasabah prioritas atau  VIP. 

Tugas dan Tanggung Tuga Teller

Seorang teller dituntut untuk terampil dalam berkomunikasi, mengurus administrasi, serta memahami sistem keuangan dan perbankan. Bagi Anda yang ingin melamar posisi ini, sebaiknya pahami dulu apa saja tugas dan tanggung jawab teller di bank sebagai berikut:

  • Membantu nasabah yang butuh melakukan penarikan uang.
  • Membantu nasabah yang hendak menabung dengan uang tunai ke akunnya miliknya.
  • Membantu nasabah yang ingin mendapatkan pencairan cek.
  • Membantu nasabah yang ingin melakukan transfer secara tunai ke rekening atau bank lain.
  • Membantu nasabah yang akan melakukan pembayaran tertentu, seperti membayar uang sekolah, uang kuliah, cicilan, dan lainnya.
  • Melakukan pemeriksaan uang dari nasabah yang disetorkan ke bank.
  • Menerima hipotek, pinjaman, pembayaran tagihan utilitas publik, verifikasi tanggal pembayaran, hingga utang.
  • Melakukan pengecekan apabila ada data yang tak seimbang dalam rekening nasabah.
  • Melakukan pencatatan transaksi secara detail dan akurat dalam memberikan tanda bukti terima yang sah kepada nasabah.
  • Melakukan promosi produk-produk bank kepada nasabah, seperti asuransi, obligasi, deposito, dan lainnya.

Demikianlah beberapa syarat menjadi teller bank yang perlu dipahami jika Anda ingin meniti karier ini. Jika Anda merasa memenuhi kriteria di atas, maka bisa menjadi pilihan untuk bekerja sebagai teller bank. Baca juga tugas sales consultant.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)