KPU Bakal Tetapkan Prabowo-Gibran sebagai Pemenang Pilpres, Zulhas Singgung Gonjang-ganjing Pemilu
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. (Foto: Mery Handayani/VOI)

シェア:

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) dijadwalkan menetapkan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dalam kontestasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 pada hari ini, Rabu, 24 April.

Penetapan tersebut dilakukan setelah adanya putusan dari Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa Pilpres.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan pun menyinggung soal agenda penetapan presiden dan wakil presiden tersebut.

Dia bilang, penetapan ini menjadi momentum proses demokrasi yang cukup panjang.

“Jam 10 pagi, melalui demokrasi yang panjang akhirnya sampai juga nanti KPU jam 10 akan memberikan keputusan mengenai penetapan calon Presiden dan Wakil Presiden terpilih,” ucapnya saat membuka peringatan Hari Konsumen Nasional, di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu.

Zulhas sapaan akrab Zulkifli Hasan mengatakan polemik Pilpres 2024 yang terjadi beberapa waktu lalu ini, akhirnya bisa selesai. Salah satunya setelah melalui mekanisme sengketa di MK beberapa waktu lalu.

“Jadi gonjang ganjing yang berapa bulan, selesai dengan putusan MK kemarin,” ucapnya.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini juga mengaku akan menghadiri penetapan Calon Presiden dan Wakil Presiden terpilih di KPU.

Bahkan, direncanakan akan turut dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sekadar informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menetapkan presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming di kantor KPU, Jakarta, Rabu 24 April usai MK menolak gugatan Ganjar Pranowo-Mahfud MD serta Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

“Rabu pagi pukul 10.00 tanggal 24 April 2024 di KPU, kami akan melakukan penetapan ini,” jelas anggota KPU, August Mellaz Selasa 23 April.

Menurut Mellaz, berdasarkan Pasal 4 Peraturan KPU (PKPU) Nomor 6 Tahun 2024, penetapan presiden dan wakil presiden terpilih harus dilakukan paling lambat 3 hari setelah putusan MK.

Dia mengatakan KPU juga telah mengundang dua pasangan calon presiden dan wakil presiden lainnya, yakni Ganjar-Mahfud MD serta Anies-Muhaimin Iskandar untuk menghadiri acara penetapan Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wakil presiden terpilih.

“Kami telah mengundang ketiganya,” ujar August Mellaz.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)