Libur Lebaran 2024, InJourney Bidik 244.000 Wisatawan Datang ke Candi Borobudur dan Prambanan
Candi Borobudur (Foto: Dok. ANTARA)

シェア:

JAKARTA - InJourney Destination Management atau PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (TWC) membidik kunjungan wisatawan ke Candi Borobudur dan Prambanan sebanyak 244.000 saat libur Lebaran 2024 ini.

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Bisnis InJourney Destination Management Hetty Herawati mengatakan ada indikasi peningkatan kunjungan wisatawan ke Candi Borobudur dan Prambanan sebesar 37 persen, jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

“Kalau tahun sebelumnya itu terbagi dengan libur sekolah, trennya pacah. Tahun ini kita berharap tinggi. Borobudur, Prambanan itu kita targetkan sekitar 244.000 hampir 250.000 pengunjung ya,” kata Hetty di kantor InJourney, Jakarta, ditulis Kamis, 28 Maret.

Hetty bilang pihaknya sudah bersiap untuk menghadapi kenaikan pengunjung dengan menambah petugas operasional dan layanan pengunjung, menambah petugas keamanan dan kolaborasi dengan TNI-Polri.

“Termasuk kolaborasi dengan rumah sakit dan fasilitas kesehatan sekitar. Persiapan lain adalah menambah team help desk, menyediakan kendaraan listrik, mobil golf, dan sepeda listrik untuk menambah mobilitas,” jelasnya.

Hetty bilang, persiapan tersebut dilakukan untuk menangkap potensi wisata yang diproyeksikan Kementerian Perhubungan bahwa sebanyak 11 juta orang akan mudik ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Di mana diproyeksikan sebanyak 5 hingga 10 persen pemudik akan mencari tempat wisata usai Lebaran.

“Kami memperkirakan peak season akan terjadi pada 11 sampai 15 April, yang merupakan puncak libur Lebaran 2024,” tuturnya.

Tawarkan Hiburan Menarik

Untuk menarik minat wisatawan, Hetty mengatakan sejumlah acara hiburan juga akan diselenggarakan seperti Lebaran di Candi dengan tema Kelana Cerita Tanah Jawa, di Candi Prambanan pada 11 hingga 15 April 2024.

“Tak ketinggalan, special show Ramayana Ballet, Roro Jonggrang dan Shinta Obong juga bisa disaksikan setiap hari selama libur Lebaran sejak tanggal 11 hingga 20 April 2024,” katanya.

Sedangkan di Borobudur, kata Hetty, pengunjung berkesempatan naik monumen Candi Borobudur dengan memesan tiket secara online di laman resmi ticket.borobudurpark.com.

“Nantinya pengunjung akan menggunakan sandal khusus, dan dibatasi 8 sesi per hari, dengan 150 pengunjung tiap sesinya. Pamong Carita akan memandu selama sesi naik monumen Candi Borobudur,” jelasnya.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)